pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 21 Juli 2012 halaman 8
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Belum Lebaran, Harga Tiket Pesawat Melonjak
 | Sabtu, 21 Juli 2012

Tangerang Jurnal Nasional

SEJUMLAH maskapai penerbangan menjual harga tiket pesawat rute Jakarta menuju daerah lain pada Lebaran 1433 Hijriah dengan harga tinggi. Kenaikan harga tiket pada bulan puasa ini saja, dua kali lipat harga biasanya, bahkan lebih.

Erlangga, petugas ticketing maskapai penerbangan Lion Air mengatakan, kenaikan harga pesawat Lio Air pada H-4 sebelum Lebaran atau tanggal 17 Agustus 2012 rute Jakarta-Kupang, NTT mencapai Rp2,4 juta per penumpang, jauh melesat dari harga biasanya: sekitar Rp900 ribu per penumpang.

Kenaikan harga tiket pesawat sudah terjadi selama dua minggu sebelum bulan Ramadhan. Sedangkan untuk tiket pulang dari Kupang-Jakarta tidak sebesar Rp2,4 juta, melainkan sekitar Rp1,2 juta. "Harga tiket melonjak dua kali lipat dari harga biasa," kata Erlaga, yang bertugas di kantor tiket Lion Air terminal 1 B kepada Jurnal Nasional, Jum'at (20/6).

Berdasarkan pantauan Jurnal Nasional, kemarin, kenaikan harga tiket pesawat juga terjadi pada sejumlah tempat penjualan tiket travel dan tour di sekitar kawasan Bandara Soekarno Hatta. Kenaikan terjadi dikarenakan pihak manajemen maskapai penerbangan sudah menaikan harga tiket pesawat.

Karyawan marketing Konsa Tour dan Travel, Putra, mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat sejumlah maskapai naik drastis. Bahkan, dua sampai tiga kali lipat dari harga biasanya. Ia mencontohkan, tiket penerbangan pesawat pada 17 Agustus depan dari Bandara Soekarno Hatta menuju sejumlah kota di Indonesia meningkat tajam.

Namun, para calon penumpang tetap nekat mem-booking tiket sekitar 75 persen dengan membeli tiket ke sejumlah daerah. "Kenaikan harga mencapai dua kali lipat dari harga normal. Seperti tiket Jakarta-Padang menjadi Rp1,4 juta dari biasanya: berkisar Rp450.000-Rp500.000, dan Jakarta-Surabaya sudah naik menjadi Rp1,2 juta dari Rp360.000 per numpang," kata Putra saat ditemui, kemarin.

Menurut Putra, kenaikan harga tiket pesawat sejumlah maskapai penerbangan sudah terjadi sebelum puasa Ramadhan. Pihaknya sebagai travel penjual tiket pesawat hanya mengikuti ketentuan tersebut. Kenaikan harga tiket pesawat menuju luar pulau Jawa dikarenakan angkutan darat tidak tersedia. Seperti: kereta api, misalnya.

Kalau mengunakan bus, harus memakan waktu berhari-hari untuk sampai tempat tujuan. "Kenaikan harga tiket pesawat kelas ekonomi yang paling tinggi. Begitu pun harga tiket kelas lainnya," kata dia.

Yoyok, pimpinan PT Dian Makmur Sentosa Tour and Travel mengatakan, harga tiket menuju daerah lain akan meningkat setelah H-7 lebaran. Namun, sebelum H-7, manajemen maskapai penerbangan dan travel penerbangan justru memberi harga promo. Sebab, permintaan tiket cenderung sepi. Sebaliknya, harga itu akan dinaikkan saat memasuki H-7 Lebaran.

"Saat ini, harga masih standar. Contoh, jika penumpang dari Jakarta ke Makasar seharga sekitar Rp600.000 per orang, namun pada H-7 Rp1,2 juta per orang," kata Yoyok kepada Jurnal Nasional.

Sementara, seorang penumpang bernama Iqbal Subekti, mengeluhkan naiknya harga tiket menuju Surabaya dari Jakarta sekitar Rp1,2 juta, melonjak dari harga biasanya: Rp500.000-Rp600.000 per orang. "Karena lebaran adalah momen bertemu keluarga, saya nekad membeli tiket meski mahal," kata pegawai salah satu perusahaan Jasa di Tangerang itu. n Sabaruddin

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana