pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 02 Agustus 2012 halaman 5
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Gamis Kapucong-Jilbab Hijabers Paling Dicari
Jakarta | Kamis, 02 Agustus 2012
Daulat Fajar Yanuar

Hampir di setiap tahun, tren baju berlebaran di Hari Raya Idul Fitri terus berubah-ubah. Begitu pula tahun ini, sejak satu bulan jelang bulan Ramadhan pasar-pasar yang menjual pakaian seperti di Tanah Abang Jakarta, sudah menyajikan tren pakaian berlebaran terbaru. Hal ini tentu sangat menggiurkan bagi para pelaku bisnis pakaian muslim dan muslimah.

Tren pakaian di bulan Ramadhan tahun ini lebih mengarah kepada model yang sederhana. Menurut salah seorang penjaga toko khusus busana muslim, Bustomi, sebagian besar masyarakat mencari model yang langsung bisa dipakai ibadah sholat tanpa harus mengganti pakaian yang dikenakan menjadi mukena.

"Yang sekarang lagi tren yaitu model gamis kapucong. Pakaiannya lebar dan ada kapucong atau tudung di bagian atasnya. Masyarakat kenal lewat artis Syahrini," kata Bustomi saat ditemui di Depok Town Square, Depok, Selasa (24/7).

Dia menambahkan, biasanya yang membeli gamis kapucong berasal dari golongan usia 30 sampai di atas 40 tahun. Gamis kapucong biasanya terbuat dari bahan kain Paris, yang saat ini tengah menjadi tren bahan dasar untuk berbagai pakaian muslim dan muslimah.

"Kalau untuk pakaian muslim, yang saat ini sedang tren adalah baju koko SBY atau model 'blink-blink'. Sekarang banyak dicari yang model formal dan casual," katanya.

Bustomi adalah pekerja di Yayasan Global Ikhwan yang pusatnya terletak di Haramain, yaitu Mekah dan Madina. Berdagang adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh yayasannya, di samping pendidikan dan kesehatan.

"Momennya setiap Romadhan pasti yang laku adalah baju. Total pendapatan kotor yang bisa didapatkan sekitar ratusan juta rupiah dari empat konter yang ada. Jumlah ini meningkat dua hingga tiga kali di hari biasa," katanya.

Sementara itu salah satu penjaga konter pakaian muslimah, April mengatakan, saat ini yang sedang tren adalah kaftan kalong. Pakaian model kaftan kalong adalah baju yang di bagian lengannya cembung.

Nah, untuk para muslimah ini trennya tidan saja hanya Di sisi lain, yang menjadi tren di kalangan perempuan adalah model jilbab 'hijabers', yaitu model jilbab yang diperkenalkan oleh desainer pakaian muslimah Dian Pelangi dengan balutan hingga berlapis-lapis.

"Penjualan pakaian model kaftan kalong dan gamis kapucong termasuk laris. Jilbab model hijabers dengan corak dan warna terang juga penjualannya masih tinggi," kata April.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana