pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 25 Juni 2012 halaman 5
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
PJMI Gelar Rapat Kerja Nasional
Jakarta | Senin, 25 Juni 2012
Iwan Samariansyah

SELAMA dua hari, sejak Sabtu (23/6) hingga Minggu (24/6), para jurnalis yang tergabung dalam Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) menggelar Rapat Kerja (Raker) di Wisma Garminah, Jakarta. "Ini Raker pertama yang digelar sejak berdirinya organisasi ini pada 3 November tahun lalu," kata Ketua Umum PJMI Muhammad Anthoni kepada Jurnal Nasional di sela-sela acara Raker, Minggu (24/6).

Sekitar 50 anggota PJMI dari berbagai cabang dan wilayah seluruh Indonesia berkumpul membahas program kerja yang akan dilakukan PJMI pada periode kepengurusan 2011 - 2015 ini. Sejumlah rekomendasi juga berhasil disepakati oleh para peserta Raker. Selain itu dibahas pula AD/ART organisasi dan perumusan pernyataan sikap PJMI.

Dalam pembukaan Raker pada Sabtu (23/6) lalu, ikut berbicara dan memberi pengarahan di depan peserta Raker wartawan senior Parni Hadi dan ekonom Ichsanuddin Noorsy. Keduanya meminta PJMI menjadi organisasi yang tegas dalam bersikap menghadapi berbagai isu keumatan dan kebangsaan dan bermanfaat bagi para anggota serta masyarakat luas.

"Harus ada ciri yang membedakan antara Jurnalis biasa dengan Jurnalis Muslim. Para Jurnalis Muslim hendaknya mengutamakan segi akhlakul karimah dan etika jurnalistik sehingga membantu masyarakat dalam meningkatkan penyebaran informasi yang baik dan benar," ujar Parni yang pernah menjadi Pemimpin Umum Kantor Berita Antara itu.

Parni yang juga pembina PJMI ini mengatakan perlunya para jurnalis yang tergabung dalam PJMI melaksanakan prinsip-prinsip jurnalisme kenabian. Yaitu dalam melakukan tugas jurnalistiknya senantiasa bersandar pada prinsip-prinsip dakwah para nabi yaitu sidik, amanah, tablig dan fatanah. "Ini yang membedakan Jurnalis Muslim dengan yang lain," ujarnya.

Anthoni mengatakan penyelenggaraan Raker PJMI ini sebagai upaya meningkatkan konsolidasi organisasi. Ada sejumlah kesepakatan penting yang berhasil dihasilkan yaitu pembentukan tiga badan otonom di bawah PJMI yaitu Koperasi Jurnalis Muslim Indonesia (KJMI), Lembaga Advokasi Jurnalis Muslim dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Jurnalis.

Deta Surya, salah satu peserta Raker dari cabang Subang mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa hadir dalam acara tersebut. "Sudah lama saya merindukan organisasi seperti ini. Saya berharap PJMI dapat menjadi organisasi yang benar-benar berjuang untuk kepentingan anggotanya, dan tidak sekedar menjadi alat dari pengurusnya," ujar mantan pengurus PWI ini.

Dia mengatakan bahwa para jurnalis muslim di kawasan Purwasuka (Purwakarta, Subang dan Karawang) siap mendukung dan membesarkan PJMI. Bahkan cabang Subang siap menjadi tuan rumah kegiatan nasional PJMI bila memang dipercaya oleh para pengurus pusat di Jakarta. "Sudah saatnya jurnalis muslim berbicara di pentas nasional dan internasional," katanya.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana