pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 08 Oktober 2012 halaman 4
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Agya dan Ayla: Kebanggaan Indonesia
 | Senin, 08 Oktober 2012
Rusdy Setiawan Putra

PT Astra International Tbk (Astra), Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Daihatsu Motor Company (Daihatsu) kembali mengumumkan kolaborasi terbaru, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mobil compact terbaru berkonsep green car berkapasitas 5 penumpang ini ditampilkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) ke 20 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, akhir September lalu.

Kolaborasi ini merupakan tonggak penting dalam sejarah industri otomotif di Indonesia, selain dirancang mengikuti program pemerintah LCGC (Low Cost Green Car), inilah produk otomotif pertama yang desainnya dibuat oleh putra bangsa, dipilih secara global mengalahkan desainer dari Itali, Perancis dan Jepang. Dalam kolaborasi terbaru ini, Daihatsu yang selama ini dikenal sebagai spesialis pembuat mobil compact, berperan mulai dari perencanaan, pengembangan dan produksi baik untuk Agya maupun Ayla.

Sementara Toyota sebagai pemain otomotif global yang sudah puluhan tahun merebut hati masyarakat di Indonesia, dikenal dengan produk dan layanan yang berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, tangguh dan terbaik di kelasnya. Salah satu produk Toyota yang lekat di hati masyarakat ialah Toyota Kijang, yang lebih dari 30 tahun telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia.

Sedangkan Astra sebagai salah satu entitas bisnis yang terdiri dari 6 lini usaha, yaitu: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat & Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur & Logistik dan Teknologi Informasi dengan lebih dari 1000 jaringan outlet yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan telah melayani lebih dari 10 juta pelanggan, selalu ikut serta mengambil bagian dalam perkembangan ekonomi dan sosial di negeri ini. Di bidang otomotif, Astra memiliki pengalaman dalam distribusi kendaraan yang meliputi pelayanan pembelian, perawatan, penggantian suku cadang dan pelayanan purnajual.

Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, keduanya akan diproduksi di pabrik baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur. Pabrik baru ADM ini menurut rencana akan selesai pembangunannya bulan Oktober tahun ini dengan kapasitas produksi dapat mencapai 100.000 unit per tahun apabila sudah berjalan penuh. Pabrik baru ini akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena selain memiliki fasilitas produksi juga akan dilengkapi dengan fasilitas Penelitian & Pengembangan (Research & Development).

Daihatsu berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan dalam memproduksi mobil hemat bahan bakar namun terjangkau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Daihatsu juga akan terus berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia dengan memperkuat fungsi Penelitian & Pengembangan lokal sebagai langkah awal pembangunan industri otomotif Indonesia dan menjadikan ADM sebagai production base sekaligus product design base di masa depan. n Yogi MP

Fitur Utama Model Baru :

1. Hemat bahan bakar namun terjangkau karena ringan dengan memaksimalkan efisiensi energi dan menggunakan teknologi Daihatsu berdasarkan konsep "kualitas terbaik" dengan memaksimalkan fungsi komponen-komponen kendaraan.

2. Jarak sumbu roda yang panjang, ruang bagasi dan interior yang lapang cukup untuk membawa 5 orang dewasa namun tetap berukuran kompak.

3. Tampak luar yang dinamis dan elegan yang diproduksi oleh desainer Indonesia.

4. Kompak dan nyaman dikendarai karena memiliki ground clearance tinggi agar nyaman dikendarai bahkan di jalan yang kurang baik sekalipun, dengan radius putar kecil memudahkan kendaraan bermanuver di jalan yang sempit.

Inilah kolaborasi terbaru dari Astra-Toyota-Daihatsu yang dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjadi kebanggaan untuk Indonesia.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana