pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 15 Maret 2012 halaman 4
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Kemenhub Dalami Lagi RPP Penjaga Laut dan Pantai
Jakarta | Kamis, 15 Maret 2012
Aliyudin Sofyan

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) terus lakukan pendalaman materi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Sea And Coast Guard (Penjaga Laut dan Pantai). RPP yang lebih alot dibanding PP lain itu dikembalikan Sekretariat Negara (Setneg) kepada Kemenhub.

Hal itu disampaikan Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Yudustar, dalam keterangan pers, Rabu (14/3). Dijelaskannya pula bahwa Sea And Coast Guard (SCG) takkan mengganggu peran lembaga yang bertugas pokok dan fungsi (tupoksi) menjaga keamanan. Sebab SCG atau Penjaga Laut dan Pantai (PLP) tugasnya menegakkan regulasi keselamatan pelayaran.

"Untuk itu saat ini kami masih melakukan pembahasan bersama sejumlah lembaga terkait masih memerlukan penjelasan lebih mendalam mengenai materi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Sea And Coast Guard (Penjaga Laut dan Pantai) yang sudah kami sampaikan ke Sekrteriat Negara (Setneg)," kata Yudustar.

Ia menjelaskan sebetulnya RPP itu sudah dikirimkan ke Setneg tetapi oleh Setneg dikembalikan lagi ke Kemenhub. Alasannya, masih ada pihak yang belum menerima isi RPP tersebut.

"Amanat untuk membahas kembali pada pihak-pihak yang memerlukan penjelasan sudah kami lakukan, dan sekali lagi akan dilakukan pembahasan, selanjutnya akan diserahkan kembali ke Setneg untuk mendapatkan penetapan sebagai PP," tutur Yudustar. n Dini

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana