pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 20 Juni 2013 halaman 39
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
DKI Optimalkan Gelaran POPNAS 2013
Jakarta | Kamis, 20 Juni 2013
Ahmad Muhajir

DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XII-2013 dan menjadi kali ketiga bagi Ibukota setelah 1989 dan 1991. Berbagai inovasi dan persiapan terus dilakukan agar perhelatan olahraga sebagai ajang pembinaan olahraga di tingkat pelajar ini bisa berlangsung optimal.

"Kita akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk melibatkan pihak swasta agar hajatan ini bisa terselenggara secara baik dan sukses. Kami akan mencoba berbagai inovasi baru dalam upaya mengangkat potensi POPNAS itu sendiri," ujar Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat Provinsi DKI Jakarta, Mara Olan Siregar usia mengukukuhkan Kepanitian POPNAS XII-2013 di Jakarta, kemarin.

POPNAS 2013 akan digelar tanggal 14-20 September dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga. Mara berharap, pelaksanaan POPNAS di Jakarta kali ini dapat dijadikan contoh bagi daerah lain.

"Kami tidak ingin POPNAS berlangsung sekedarnya saja. Tapi kita kemas sedemikian rupa agar menjadi event yang dapat dijual dan dapat mengangkat nama DKI Jakarta. Sekaligus menjadi contoh buat daerah lain. Kami ingin para undangan dari daerah harus merasa lebih nyaman dibanding di daerahnya masing-masing. Untuk itu, kami akan berikan yang terbaik bagi sukses event dua tahunan ini," tandasnya.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, panitia POPNAS 2013 akan memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam upaya pencapaian hasil maksimal. "Segala persiapan kini sedang digenjot agar bisa siap tepat waktu sebagai wujud pencapaian dua sukses yakni sebagai tuan rumah dan prestasi," tutur Ratiyono.

Sebagai event olahraga pelajar terbesar di Indonesia, Ratiyono berharap agar event dua tahunan ini bisa semeriah penyelenggaraan event tingkat nasional lainnya seperti PON yang dilaksanakan tahun lalu di Riau. Pihaknya pun bertekad mengangkat dan memberi pandangan lebih besar ke masyarakat karena Popnas memiliki arti strategis dalam pembinaan olahraga nasional.

"Untuk itu, semenjak jauh-jauh hari kami sudah melakukan persiapan, termasuk kesiapan seluruh tempat pertandingan dan membentuk panitia penyelenggara agar POPNAS dapat terlaksana dengan baik dan lancar," tandas Ratiyono.

Sebagai tuan rumah, DKU juga membidik target juara umum. Pada Popnas 2011 lalu, kontingen DKI Jakarta harus puas berada di peringkat kedua setelah Jawa Timur dan gagal menjadi yang terbaik dalam empat perhelatan terakhir.

close
Singapura

Ganda muda andalan Pelatnas Cipayung, Angga/Ryan kembali tersingkir di babak pertama.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana