pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 31 Agustus 2013 halaman 23
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Penyiksa Buruh Segera Diadili
Tangerang  | Sabtu, 31 Agustus 2013
Rihad Wiranto

Berkas lima tersangka kasus pabrik kuali milik Yuki Irawan diduga melakukan penyiksaan dan perbudakan terhadap puluhan buruh segera dimejahijaukan. Kasus ini telah dinyatakan lengkap atau P21.

Kapolres Kota Kabupaten Tangerang, Kombes Irfing Jaya mengatakan, kasus penyekapan disertai penyiksaan puluhan buruh di pabrik kuali milik Yuki Irawan di Desa Lebak Wangi, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, resmi dilimpahkan dari Polres Kota Kabupaten Tangerang kepada Kejaksaan Negeri Tigaraksa.

"Kasus ini segera diproses di pengadilan, berkasnya sudah nyatakan lengkap atau P21, dan telah kami dilimpahkan ke Kejaksaan," kata Kapolres saat mengelar perkara di Polres Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Jum'at (30/8).

Polres Kota Kabupaten Tangerang melimpahkan berkas lima orang tersangka ke Kejaksaan Tigaraksa. Adalah berkas YI (41), dipastikan Yuki Irawan pemilik pabrik kuali ilegal, serta empat orang mandor pabrik kuali yakni, NN (22), SN (34), TS (35) dan RJ (34). Berikut barang bukti lainnya berupa mesin bubut, tungku masak limbah, cetak panci, gayung panci maupun sejumlah panci berbagai ukuran dan variasi.

Berkas perkara para tersangka kasus pabrik panci itu setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap 52 saksi termasuk Kepala Desa Lebak Wangi, Mursan yang juga keluarga dari Yuki Irawan.

Dalam penyidikan, pihaknya melibatkan sejumlah tenaga ahli seperti ahli perindustrian, ahli perlindungan anak, ahli pidana dan tindak pidana perdagangan orang (human trafficking) dalam menjerat para pelaku perbudakan tersebut.

Para tersangka dijerat enam pasal ; pasal 24 Undang undang nomor 5 tahun 1984 tentang Perindustrian ; pasal 88 UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak; pasal 2 UU nomor 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang ; pasal 333 tentang Perampasan Kemerdekaan Orang ; pasal 351 (penganiayaan) ; pasal 372

KUHP tentang tindak Pidana Penggelapan ; dan pasal tambahan pelanggaran Undang-undang Tenaga Kerja. "Barang bukti dan lima orang tersangka kita serahkan seluruhnya kepada Kejaksaan," kata Irfing.

Kasus ini terbongkar, Jum'at 3 Mei 2013 lalu, ketika Polres Kota Kabupaten Tangerang membongkar praktek perbudakan di pabrik CV Sinar Logam di Kampung Bayur Opak, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang milik Yuki Irawan. Dalam pengrebekan itu petugas menemukan 25 buruh dan 5 mandor. Puluhan buruh itu ditemukan petugas dalam kondisi tersiksa tersekap didalam sebuah kamar yang pengap.

Pengungkapan kasus tindak pidana perampasan kemerdekaan dan penganiayaan terhadap buruh berawal dari dua orang buruh asal Lampung Utara atas nama Andi Gunawan dan Junaedi yang sudah bekerja selama empat bulan. Kedua kemudian melarikan diri dan melapor bahwa terdapat bentuk penyiksaan di pabrik kuali milik Yuki Irawan.

Sabaruddin

close
Tangerang

Pilkada Kota Tangerang diikuti lima pasangan.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana