pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 02 Mei 2013 halaman 23
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Delapan Petenis Meja ke Kejuaraan Dunia
Jakarta | Kamis, 02 Mei 2013
Ahmad Muhajir

Prestasi tenis meja nasional tengah merosot tajam. Indonesia terakhir kali meraih medali emas pada SEA Games Manila 2005 melalui M Hussein di nomor tunggal putra. Pada SEA Games di Jakarta-Palembang 2011, Indonesia hanya meraih tiga perunggu. Sebagai upaya mengbangkitkan prestasi tenis meja, sebanyak delapan petenis meja yang tergabung dalam Program Indonesia Emas (PRIMA) akan diberangkatkan mengikuti Kejuaraan Dunia Tenis Meja 2013 di Paris, Prancis, 13-21 Mei 2013.

"Sudah saatnya kita harus bangkit dari ketertinggalan. Apalagi kita sedang melakukan persiapan menghadapi SEA GAMES Myanmar 2013," kata Manajer Tim Tenis Meja Indonesia Peter Layardi di Jakarta, kemarin.

Menurut Peter, kendala atlet tenis meja Indonesia meraih prestasi di ajang SEA GAMES karena kurangnya diterjunkan di berbagai ajang internasional. Dengan tampilnya di kejuaraan dunia tersebut, mereka diharapkan bisa menambah pengalaman bertanding serta mengenal berbagai karakter lawan," ucapnya.

Kedelapan peternis meja terdiri dari tiga putra dan lima putri yang diberangkatkan ke Prancis yakni Yon Mardiyono (Riau), Trioyo Poiyo (Sulut), Ahmad Dahlan Haruri (Jatim) putra. Sedangkan putri terdiri dari Christine Ferliana (Jatim), Silir Rovani (Jatim), Stella Priska Palit (Jateng), Mira Fitria (Jabar), dan Noor Azizah (Jatim).

"Kedelapan petenis meja ini merupakan petenis meja yang terbaik dari 16 petenis meja yang menghuni PRIMA," ujarnya.

Tim tenis meja yang akan berangkat dari Jakarta 11 Mei 2013 ini dipimpin oleh Peter Layardi didampingi dua pelatih Anton Suseno dan Ismu Harinto serta Busman Zainuddin sebagai Asisten Pelatih.

Selain ke kejuaraan dunia, tim tenis meja Indonesia akan melakukan uji coba ke Sidney Australia Open yang berlangsung 4- 10 Juni 2013, Rencananya, sebanyak delapan petenis meja ladi yang akan dikirim. "Saya bisa memastikan yang diberangkatkan ke Australia adalah petenis meja terbaik dari hasil evaluasi yang dilakukan pertengahan Mei 2013," ungkap Peter soal nama-nama petenis meja yang akan berangkat ke Negeri Kanguru itu.

Lebih jauh Peter menyebutkan, tim inti tenis meja SEA GAMES Myanmar 2013 akan ditentukan awal Juli 2013. Mereka yang terpilih akan diterjunkan kembali pada Harmony Open Suzhou, China pada 12-20 Agustus 2013.

Selain uji coba di luar negeri, kata Peter, mereka yang berada di PRIMA akan diterjunkan di berbagai ajang di dalam negeri, salah satunya adalah Kejuaraan Balikpapan Open (24-27 Mei 2013).

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana