pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 19 Januari 2013 halaman 23
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
DKI Genjot Persiapan POPNAS
Jakarta | Sabtu, 19 Januari 2013
Ahmad Muhajir

DKI Jakarta siap menggelar Pekan Olahraga Pelajar Naional (POPNAS) 2013, September mendatang. Segala persiapan kini sedang digenjot agar bisa siap tepat waktu sebagai wujud pencapaian dua sukses yakni sukses sebagai tuan rumah dan prestasi.

Hal ini disampaikan Ketua Pengprov Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) DKI Jakarta, Firmansyah usai menggelar rapat persiapan panitia POPNAS 2013 di Jakarta, kemarin. Sebagai event olahraga pelajar terbesar di Indonesia, DKI Jakarta berharap event dua tahunan ini bisa semeriah penyelenggaraan event tingkat nasional lainnya seperti PON yang dilaksanakan tahun lalu di Riau.

"DKI Jakarta siap menggelar POPNAS dan ingin event ini bisa semeriah dan semegah event nasional lain. DKI bertekad mengangkat dan memberi pandangan lebih besar ke masyarakat, kalau POPNAS memiliki arti strategis dalam pembinaan olahraga nasional. Untuk itu, semenjak jauh-jauh hari kami sudah melakukan persiapan. Termasuk kesiapan seluruh tempat pertandingan," kata Firmansyah yang juga menjabat Kabag Kepemudaan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI.

Menurutnya, dalam rapat juga dibahas mengenai sistem keabsahan peserta. Mengingat di setiap pelaksanaan POPNAS selalu terjadi kebocoran. Oleh karena itu, aturan keabsahan atlet di POPNAS kali ini diusulkan menggunakan sistem Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang sudah online di Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI, Drs Ratiyono mengatakan, panitia POPNAS 2013 akan memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam upaya pencapaian hasil maksimal. "Kita akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk melibatkan pihak swasta agar hajatan ini bisa terselenggara secara baik dan sukses. Kami akan mencoba berbagai inovasi baru dalam upaya mengangkat potensi POPNAS itu sendiri," ujar Ratiyono.

Ratiyono berharap, penyelenggaraan di DKI dapat dijadikan contoh bagi daerah lain. "Kami tidak ingin POPNAS berlangsung sekedarnya saja. Tapi kita kemas sedemikian rupa agar menjadi event yang dapat dijual dan dapat mengangkat nama DKI. Sekaligus menjadi contoh buat daerah lain," tandas Ratiyono. n

close
Jakarta

Kuala Lumpur

Indonesia menempatkan empat wakil di babak semifinal Malaysia Open Super Series 2013.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana