pencarian berita:
Jurnal Nasional - Rabu, 28 November 2012 halaman 23
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
PBSI Gelar Turnamen Usia Dini
Surabaya | Rabu, 28 November 2012
Luhung Sapto Nugroho

PERSATUAN Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) terus mencari bibit-bibit baru pemain muda. Salah satunya melalui turnamen Sidu Cup. Turnamen ini untuk pelajar tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010 dan menjadi agenda pertandingan PBSI.

"Sidu Cup dapat membantu proses pendeteksian bakal calon atlet sejak dini sehingga turut meningkatkan perkembangan bulu tangkis di Tanah Air," kata Sekretaris Umum Pengprov PBSI Jawa Timur Eddyanto Sabarudin di Surabaya, Selasa (27/11) dalam siaran persnya.

Turnamen Sidu Cup ini akan berlangsung dari 27 November hingga 1 Desember 2012 di GOR Sudirman Kertajaya Indah, Surabaya, Jawa Timur dengan sponsor utama dari produk Sinar Dunia, grup Asia Pulp & Paper (APP).

Eddyanto Sabarudin mengatakan, turnamen untuk usia dini merupakan terobosan penting untuk menghasilkan bibit-bibit atlet berprestasi. "Sehingga olahraga bulu tangkis yang telah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dapat terus dipertahankan dan semakin maju," ujarnya.

Suhendra Wiriadinata, Direktur Corporate Affairs and Communication APP mengatakan, keterlibatan APP dalam mencari bibit-bibit atlet bulutangkis tersebut tidak lain karena olahraga ini telah memiliki sejarah prestasi yang luar biasa bagi Indonesia di tingkat dunia. "Di sini kami ingin berkontribusi untuk ikut menghasilkan atlet-atlet bulu tangkis berprestasi sejak usia muda," katanya.

Kegiatan ini akan diikuti kurang lebih 1.000 pelajar SD dan SMP se-Jawa Timur. Kejuaraan ini terbagi ke dalam empat kelompok umur, pertama Kelas 1-2 SD, kedua Kelas 3-4 SD, ketiga Kelas 5-6 SD, dan seluruh kelas SMP. Adapun total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp60 juta, dan merupakan hadiah terbesar kejuaraan untuk kelas tersebut. Demikian dikatakan Direktur Tjiwi Kimia Edwin Suryalaksana.

Pembukaan turnamen dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Pada hari pertama turnamen juga dilakukan coaching clinic oleh Ricky Subagja, mantan atlet bulu tangkis nasional

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana