pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 22 Juni 2013 halaman 20
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
KTT APEC 2013
Visa Kunjungan Dipermudah
Jakarta | Sabtu, 22 Juni 2013
Luther Kembaren

Pemerintah Indonesia akan mempermudah visa kunjungan bagi delegasi dua puluh negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) terkait pelaksanaan KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2013. Langkah ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Kami ada pertemuan-pertemuan di bidang pariwisata, ada yang akan membahas mengenai klasifikasi visa untuk mempermudah pergerakan antar negara APEC untuk tujuantourism. Kami harapkan ini bisa meningkatkantourism," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu usai mengikuti rapat koordinasi Persiapan KTT APEC 2013 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (4/10).

Menurut dia, kemudahan mengurus visa kunjungan ke Indonesia dan pembebasan visa untuk kategori tertentu akan dituangkan dalam rencana aksi yang sebelumnya sudah diluncurkan para pemimpin negara melalui Travel Facilitation Initiative (TFI). Untuk mempermudah aplikasi visa, akan dilakukan tukar menukar data agar proses pembuatan visa lebih cepat. Sistem yang akan diberlakukan sama dengan APEC Business Card.

"APEC Bussiness Card itu untuk sejumlah negara tidak perlu visa. Kalau kita bisa bikin sistem serupa untuktrusted traveller, atau turis dalam kategori tertentu yang dianggaplow risk, bisa mendapat kemudahan ataulinekhusus, dan untuk kategori tertentu pada suatu saat kita harapkan juga bebas visa," ujar Mari.

Langkah ini, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan turis antar negara anggota APEC. Dari pengalaman di negara lain, mempermudah visa kunjungan mampu meningkatkan kunjungan wisman 10-20 persen tiap tahunnya. Indonesia sendiri menargetkan kunjungan wisman sebanyak 10 juta wisman pada 2014 dan 25 juta wisman pada 2025.

Dari data Badan Pusat Statistik, jumlah kunjungan wisman dari Januari hingga April 2013 sebesar 2,66 juta kunjungan atau naik 5,31 persen dibanding periode yang sama di tahun 2012.


Mari menambahkan, KTT APEC tahun ini tidak hanya meningkatkan kunjungan wisman di Bali tetapi juga di kota-kota besar di Indonesia yang menjadi bagian pertemuan rangkaian APEC 2013. Sepanjang tahun ini tercatat ada lebih dari 90 pertemuan rangkaian APEC di sejumlah kota besar di Indonesia. "Kalau adameeting, itu hotel, transport,tour guide,makanan, souvenir, seni pertunjukkan, dan semua yang terkait dengan industri kreatif akan terangkat termasuk UKM," katanya.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa memperkirakan ada 20 ribu orang yang akan hadir pada forum APEC yang akan diikuti 21 kepala negara/kepala pemerintahan ini. Acara ini juga akan diliput 3.000-4.000 wartawan dari seluruh dunia. "Delegasi itu dari 21 pemimpin negara dengan rombongannya. Belum lagi CEO-CEO dari seluruh dunia akan hadir," katanya. Roswita

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana