pencarian berita:
Jurnal Nasional - Jum'at, 17 Februari 2012 halaman 2
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Kemendagri Lantik 57 Pejabat Pengawas Pemerintahan
Jakarta | Jum'at, 17 Februari 2012
Arjuna Al Ichsan


Guna mewujudkan pencapaian pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government) di pusat dan daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melantik perdana 57 orang pejabat pengawas penyelenggaraan pemerintahan di Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri Jakarta, Kamis (16/2).


Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri, Maliki Heru Santosa mengatakan UU Nomor 32 Tahun 2004 dan berbagai peraturan terkait lainnya telah mengamanahkan Menteri Dalam Negeri untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pembinaan kepada pemda dalam rangka mencapai tujuan otonomi daerah.

"Pengawasan dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, baik pusat daerah ini sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik yang diharapkan dapat mendukungpencapaian tujuan otonomi daerah sendiri," kata Maliki seusai melantik secara perdana para pejabat pengawas penyelenggaraan pemerintahan Itjen Kemendagri di Jakarta, kemarin.

Kemendagri melantik 28 orang pengawas pemerintahan di daerah, 23 orang pengawas pemerintah muda, dan enam orang pengawas pemerintah utama.

"Kalau dibilang cukup atau tidak SDM yang ada, mungkin saya akan katakan tidak cukup, makanya perlu upaya dan strategi dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi pejabat pengawas ini ke depan," kata Maliki.

Itjen Kemendagri sendiri, kata Maliki, sekarang lebih memusatkan perhatian dan strategi pengawasan dan pembinaan melalui upaya pencegahan (preventif) dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik di pusat maupun daerah.

Arjuna

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana