pencarian berita:
Jurnal Nasional - Selasa, 21 Mei 2013 halaman 18
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Seleksi Timnas Indonesia U19 Diundur
Jakarta/Jurnal Nasional | Selasa, 21 Mei 2013
Noor Irawan



Jadwal seleksi tim nasional (timnas) Indonesia U19 yang akan mengikuti ajang AFF Cup U19 di Jawa Timur, pada September 2013 mendatang diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Awalnya seleksi pemain tersebut direncanakan digelar mulai Senin (20/5). Pengunduran itu sendiri atas permintaan dari Badan Tim Nasional (BTN) PSSI.

"Yang meminta pelaksanaan seleksi diundur adalah BTN sendiri. BTN meminta kepada saya memantau para pemain yang berkompetisi di ISL, IPL, dan kompetisi ISL U21. Karena di kompetisi itu ada banyak juga pemain yang umurnya 19 tahun," kata pelatih timnas Indonesia U19, Indra Syafri kepada wartawan, kemarin.

Indra Sjafri sendiri belum mengetahui penundaan jadwal pelatnas sampai kapan. Yang jelas, menurutnya, penundaan itu bisa mengganggu program persiapan. "Pastinya pemunduran jadwal mengganggu persiapan yang sudah disusun. Kalau tidak terlalu lama, masih bisa disesuaikan," ujarnya.

Pemusatan latihan tahap pertama rencananya akan digelar hingga 30 Mei. Untuk tahapan pertama, tim pelatih sedianya melakukan sejumlah tes seperti fisik, kesehatan, mental, teknik, dan taktik. Pemusatan latihan kemudian dilanjutkan di Timika atau Batu, Jawa Timur, 1-12 Juni. Dalam pemusatan latihan tersebut, jumlah pemain yang ikut serta di masing-masing daerah tersebut direncanakan 35 pemain.

"Untuk kepastian tempat TC saya masih harus berkoordinasi dengan BTN lagi. Memang saya sempat meminta dua alternatif tempat yaitu di Batu, Malang dan Timika, Papua. Suhu, temperatur, dan ketersediaan oksigen di kedua daerah tersebut sangat cocok untuk menguji dan meningkatkan daya tahan fisik dari pemain," kata Indra.

Ke-35 pemain itu juga akan mengikuti pemusatan latihan di Stadion UNY, (14 Juni-10 Juli) dan di lapangan C Senayan (12-14 Juli), sebelum dikerucutkan menjadi 23 pemain saja. Selanjutnya, ke-23 nama itu akan diberangkatkan ke Jepang untuk melakoni dua laga uji coba, sebelum melakoni beberapa agenda lain.

Indra Sjafri mengaku masih akan mencari pemain-pemain lain yang berpotensi untuk bisa dimasukan ke dalam seleksi tim utama Garuda Muda. "Saya akan melakukan scouting talent ke beberapa daerah demi menemukan pemain-pemain berbakat untuk bisa dimasukkan ke dalam proses seleksi," kata pelatih yang pernah membawa timnas Indonesia U17 dan U18 menjuarai turnamen HKFA di Hong Kong pada tahun 2012 dan 2013 ini.

Dirinya beserta timnya juga masih akan memantau beberapa pemain dari beberapa daerah. Dipilihnya kota-kota di luar Pulau Jawa, dimaksudkan agar tak ada kesenjangan sosial dalam penentuan pemain timnas Indonesia U19.

"Manado dan Makassar jadi tempat selanjutnya yang akan saya pantau. Saya akan bersikap obyektif. Jika nantinya dalam proses scouting talent yang saya jalani di kota-kota tersebut tidak ditemukan pemain yang memenuhi harapan saya ya pasti akan saya coret," kata Indra.

Indra mengatakan, akan kembali melakukan komunikasi dengan BTN pada Selasa hari ini atau Rabu besok untuk menentukan ulang jadwal seleksi. "Kalau tidak besok (hari ini) atau Rabu saya akan bertemu BTN untuk membahas ini lagi. Yang pasti sampai sejauh ini saya sudah mengantongi sekitar 70 pemain untuk menjalani seleksi," katanya. Noor Irawan

close
Jakarta/Jurnal Nasional

Belum membuka gembok sebelum ada penyidikan.

Jakarta/Jurnal Nasional

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana