pencarian berita:
Jurnal Nasional - Jum'at, 10 Mei 2013 halaman 18
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Seleksi Timnas Piala AFF U19 Digelar 20 Mei
Jakarta/Jurnal Nasional | Jum'at, 10 Mei 2013
Noor Irawan



Seleksi pemain untuk membentuk tim nasional (timnas) Indonesia U19 akan mulai dibentuk pada 20 Mei mendatang. Dalam pembentukan skuad yang juga dipersiapkan untuk menghadapi ajang Piala AFF U19 di Surabaya pada September 2013 mendatang, tim pelatih yang dikepalai Indra Sjafri bakal memanggil 55 sampai 68 pemain.

Menurut Indra Sjafri, total pemain yang dipanggil berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Jumlah pemain yang dipanggil itu akan menjalani beberapa tes awal seperti psikotes. Tes tersebut akan dilakukan selama sepekan terhitung sejak 20 Mei di Jakarta.

"Secara visual, saya sebetulnya sudah melihat para pemain. Namun, mereka kan pantas dicoba lagi. Sebelum itu mereka akan menjalani beberapa tes dulu seperti fisik dan psikotes. Hal itu dilakukan setelah registrasi, administrasi, dan tentunya yang paling utama adalah pengecekan keabsahan umur," ujar Indra Sjafri kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5) lalu.

Dalam prosesnya, Indra Sjafri sendiri akan ditemani beberapa asisten, di antaranya Jarot Supriyadi (pelatih kiper), Nursailan (pelatih fisik), dan Guntur Utomo (pelatih mental). Jajaran tim pelatih selanjutnya akan memilih 35 nama untuk diikutsertakan dalam pemusatan latihan.

"Untuk tempat pemusatan latihan sampai saat ini belum ditentukan. Kemungkinan besar akan digelar di Batu, Jawa Timur. Karena daerah tersebut sejuk dan memiliki kadar oksigen yang rendah. Pemusatan latihan akan dilakukan mulai 1-30 Juni," ujar Indra.

Proses seleksi pemain juga dilakukan selama pemain mengikuti pelatnas. Menurut Indra Sjafri, tim pelatih akan menentukan 24 nama. Sejumlah 24 nama itu yang akan menjalani pematangan seperti melakoni laga uji coba melawan tim luar negeri.

"Ada dua pilihan mengenai turnamen yang akan diikuti, Norway Cup dan Borneo Cup. Borneo Cup dilangsungkan pada Juli 2013. Namun kami masih mempertimbangkan partisipasi di dua turnamen itu," kata Indra.

Seperti diketahui, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala AFF U19. Gelaran Piala AFF U19 akan dilangsungkan di Jawa Timur pada 21-28 September 2013 mendatang. Ada tiga stadion yang diproyeksikan menggelar pertandingan. Tiga stadion tersebut yaitu, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Petrokimia Gresik dan Stadion Delta Sidoarjo.

Rencananya, turnamen ini akan diikuti beberapa negara anggota ASEAN, seperti Kamboja, Laos, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste, Malaysia, Myanmar, Vietnam, serta Australia. Noor Irawan

close
Jakarta/Jurnal Nasional

Memainkan laga kandang di Solo bukanlah yang pertama.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana