pencarian berita:
Jurnal Nasional - Rabu, 08 Mei 2013 halaman 18
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
TC Timnas U23 Dimulai Juni
Jakarta/Jurnal Nasional | Rabu, 08 Mei 2013
Noor Irawan
Pelatih kepala tim nasional (timnas) Indonesia U23 SEA, Rahmad Darmawan menjadwalkan menggelar pemusatan latihan atau Training Camp (TC) bagi skuad Garuda Muda pada Juni 2013 mendatang. Jadwal sudah disesuaikan saat berkumpulnya para pemain timnas senior untuk persiapan jelang laga internasional melawan Belanda pada 7 Juni mendatang.

"TC akan dimulai bertepatan dengan jadwal TC timnas senior untuk menghadapi Belanda. Jadi, TC akan saya mulai awal Juni," kata Rahmad saat dihubungi wartawan, kemarin.

Dikatakan RD --sapaan Rahmad Darmawan-- alasan TC digelar bersamaan dengan TC timnas Indonesia senior, karena untuk lebih mengefisiensikan waktu supaya tidak mengganggu jalannya kompetisi. "Ini agar jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang memasuki putaran kedua tidak terganggu. Dan memanfaatkan libur kompetisi," ucapnya.

Meski sudah menjadwalkan waktu untuk melakukan TC. Pria yang juga melatih klub Arema ISL ini ternyata masih belum menentukan tempat TC tersebut. "Tempat TC masih tentatif. Saya mengusulkan bisa di Yogyakarta, Solo, Malang, atau Cilegon. Tempatnya akan ditentukan sesuai keadaan. Kalau di Jakarta mungkin agak sulit untuk mendapatkan lapangan," ujar RD.

Pemusatan latihan ini masih berdasarkan konsep awal, yaitu menggunakan sistem buka-tutup. Selain itu, dijabarkan pelatih yang juga menangani timnas SEA Games 2011 ini, dirinya akan menggelar pemusatan latihan setiap satu bulan sekali dengan jangka waktu sekitar 7 hingga 10 hari saja.

"Setiap bulan, pelatnas akan dilaksankan 7 sampai 10 hari. Ini supaya kompetisi tidak tertunda dan bisa selesai tepat pada 7 September, sehingga TC jangka panjang bisa dilaksanakan lebih lama," tutur RD ini.

TC jangka panjang sendiri rencananya akan dimulai pada, 10 September sampai dengan menjelang SEA Games 2013 di Myanmar pada Desember mendatang. Pelatih kelahiran Lampung itu juga menjelaskan bahwa pemanggilan pemain akan dilakukan setiap bulan mulai Juni sampai Agustus. Setiap bulannya pelatnas diikuti oleh 30 pemain.

"Agustus nanti pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan adalah gabungan dari tahap pertama dan kedua atau mereka yang lolos pada periode Juni hingga Juli. Mungkin ada tambahan beberapa pemain yang belum dipanggil untuk melihat potensi mereka," ungkap RD.

RD menjelaskan bahwa materi latihan dalam setiap pelatnas adalah pemahaman konsep bermain dan sekaligus seleksi pemain. "Daftar yang pernah dibuat adalah frame, tetapi nanti akan ada nama-nama lain di luar itu. Aji Santoso sudah saya tugaskan untuk memantau pemain pemain yang di luar 30 yang pernah dipanggil," katanya.

Selama pemusatan latihan, lanjut RD, pihaknya berencana mengadakan 12 laga uji coba internasional. Diharapkan uji coba tersebut dapat mematangkan tim guna mencapai target juara SEA Games 2013. "Soal uji coba kami akan menjalani 12 kali pertandingan. Baik uji coba dengan negara-negara atau klub dari luar negeri. Sedangkan dari ajang ISG, kami bisa mendapatkan tujuh hingga delapan kali pertandingan," ucapnya.

Selain itu menurutnya, PSSI juga berencana untuk menggelar turnamen segi empat, dan itu juga akan diikuti oleh timnas U23. "Dari situ saja sudah dapat sekitar tiga pertandingan. Setelah itu sisanya kami akan bertandang ke China dan Hong Kong. Bisa uji coba dengan timnas mereka atau klub lokal," ujarnya. n Noor Irawan

close
Jakarta/Jurnal Nasional

Jakarta/Jurnal Nasional

Sanksi yang dijatuhkan Komdis berupa larangan melakukan aktivitas dalam sepak bola nasional selama 10 tahun.

Jakarta/Jurnal Nasional

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana