pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 29 April 2013 halaman 18
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Kualifikasi Piala Asia U19
Indonesia Masuk Grup G Bersama Korsel
Jakarta/Jurnal Nasional | Senin, 29 April 2013
Noor Irawan


Pengundian (drawing) ajang kualifkasi Piala Asia U19 telah digelar di House AFC, Bukit Jalil, Malaysia pada Jumat (26/4) lalu. Hasilnya, telah menempatkan tim nasional (timnas) Indonesia U19 tergabung di Grup G bersama Korea Selatan, Laos, Guam dan Filipina dalam putaran kualifikasi Piala Asia 2014, Myanmar.

Di babak kualifikasi tersebut Indonesia sebagai tuan rumah. Dan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin yang hadir langsung dalam acara tersebut bersama manajer timnas U19, John Rumainun, menyambut baik hasil pengundian kualifkasi Piala AFC U19 tersebut. Dirinya menyebut peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya cukup besar.

"Peluang kita untuk lolos cukup besar. Apalagi untuk timnas U19 karena akan menjadi tuan rumah grup. Sebab, kita hanya akan bersaing dengan Korsel. Tanpa memandang remeh tiga tim lain yang ada dalam satu grup, yakni Laos, Guam, dan Filipina," kata Djohar kepada wartawan di Senayan, Sabtu (27/4) lalu.

Timnas U19 yang saat ini dibesut pelatih Indra Sjafri memang menjadi fokus utama PSSI untuk program jangka panjang dan berpeluang bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2014 Myanmar. PSSI pun menjadikan ajang ini sebagai bagian dari proyek mereka untuk membentuk tim yang kuat menuju pentas Piala Dunia di masa yang akan datang.

Sebagai pemantik, jika lolos ke putaran final Piala AFC U19, maka peluang untuk berlaga di Piala Dunia U20 ada di depan mata. Sebab, para semifinalis Piala AFC U19 memiliki hak untuk mewakili Asia di ajang Piala Dunia tingkat junior itu.

"Kalau kita bisa berada di urutan empat Piala Asia U19, maka mimpi kita untuk tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya akan terwujud. Terlebih karena dalam babak kualifikasi U14 pada awal September dan U19 di pertengahan Oktober, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada dua ajang tersebut. Jadi keuntungannya kita main di kandang sendiri karena berstatuskan sebagai tuan rumah harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat lolos," lanjut Djohar.

Hal senada dikemukakan manajer timnas U19, John Rumainum yang cukup puas dengan hasil drawing ini. Wakil Presiden PT Freeport Indonesia ini memastikan akan menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan skuad timnas U-19 untuk berlatih. Hal tersebut sesuai dengan komitmen perusahaan tempat ia bekerja untuk mendukung penuh timnas Indonesia.

"Kami siap mensuport semua kebutuhan pemain dan pelatih serta ofisial timnas U19. Tidak masalah sekiranya akan kembali menggelar pelatnas di Timika. Secara kebetulan, fasilitas latihan dan kondisi alam di sana cukup," ujar John.

Sebelumnya timnas U19 juga telah menggelar pelatnas di kompleks PT Freeport Indonesia, Timika, Papua dalam persiapan mereka menghadapi turnamen HKFA, Hong Kong beberapa waktu lalu. Kini fokus paling utama adalah Piala AFF 2013 mendatang dan Piala AFC 2014 yang akan menentukan empat perwakilan Asia di Piala Dunia U20.

Pada kualifikasi Piala Asia U19 dibagi menjadi sembilan grup. Juara di masing-masing grup bersama enam tim terbaik akan melaju ke putaran final yang sedianya akan dilangsungkan di Myanmar pada Oktober 2014 mendatang. Empat tim teratas di kejuaraan itu berhak mewakil Benua Asia di Piala Dunia U20 yang dilangsungkan di Selandia Baru pada 2015 mendatang. Noor Irawan

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana