pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 01 Oktober 2012 halaman 18
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
PT Liga Hati-Hati Sikapi Unifikasi
Jakarta | Senin, 01 Oktober 2012
Noor Irawan

Dalam acara Managers Meeting yang digelar di Hotel Park Lane, Jakarta pada Kamis (27/9) malam lalu, PT Liga Indonesia (LI) bersama dengan klub-klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) telah membuat kesepakatan mengenai rekonsiliasi liga profesional.

Karena berdasarkan keputusan rapat Joint Committee di Kuala Lumpur, Malaysia Kamis (20/9) lalu telah disepakati bahwa Joint Committee (JC) atau Komite Bersama untuk PSSI telah sepakat untuk menetapkan batas waktu unifikasi liga profesional pada tahun 2014.

Pada kompetisi musim 2013 mendatang dianggap sebagai fase pra-kualifikasi yang memperbolehkan IPL dan ISL bergulir secara paralel. Mengenai detail format dan teknis dari proses unifikasi diserahkan kepada dua anggota JC, yaitu Joko Driyono dan Widjajanto

“Tentunya kami harus berhati-hati dalam melakukan proses unifikasi dua liga. Kita harus melindungi dan menghargai klub-klub yang berada di bawah kompetisi utama. Jangan melakukan pendekatan pragmatis seperti menggabungkan 9 klub dari IPL dan 9 klub dari ISL,‘ ujar CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, dalam jumpa persnya di kantor PT Liga, Jumat (28/9) lalu.

Menurut Joko, apabila langsung menggabungkan dua kompetisi, dikhawatirkan akan kembali muncul breakaway league seperti tahun sebelumnya. Oleh karena itu jangan sampai hal ini terjadi lagi karena Indonesia berpotensi mendapatkan sanksi dari FIFA jika meggelar kompetisi ganda.

“Jadi proposal kami di 2013-2014 masa transisi dan pra kualifikasi, satu tahun menjelang liga, baru promosi dan degradasi diabaikan, karena yang lolos di liga hasil unifikasi merupakan klub yang lolos proses verifikasi. Mengenai hal ini, PT LI menunggu feed back dari klub peserta ISL sampai 11 Oktober,‘ ujar pria kelahiran Ngawi ini

Dikatakan Joko, dalam pertemuan dengan perwakilan klub tersebut PT Liga selaku penyelenggara kompetisi ISL merencanakan untuk menggelar kick off kompetisi pada 5 Januari 2013. “Jadi kami akan menggelar kompetisi pada 5 Januari. Kick off pertandingan pertama akan melibatkan klub juara bertahan, Sriwijaya FC,‘ ujar Joko.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana