pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 12 April 2012 halaman 16
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Tebing Longsor, Jalur Bumiayu Berbahaya
Brebes | Kamis, 12 April 2012

TANAH longsor yang terjadi di jalur Brebes-Purwokerto tepatnya wilayah Siregol Desa Tonjong Bumiayu, Jawa Tengah menyebabkan rute tersebut semakin berbahaya. Posisi longsoran berada tepat di tikungan yang menanjak curam. Bahkan saat musim hujan seperti sekarang ini, kondisi tanjakan pun semakin licin.

Dari pantauan Jurnal Nasional, longsoran mengakibatkan antrean kendaraan di dua sisi jalan raya sekitar 3 kilometer. Meskipun macet, kendaraan dari arah selatan (Purwokerto) melintasi sisi jalan yang relatif aman dibandingkan dengan kendaraan dari arah utara (Brebes). Hal ini disebabkan titik longsoran berupa jurang sungai berada persis di sebelah timur jalan tersebut.

"Kondisinya semakin berbahaya karena kendaraan dari arah Brebes harus berjalan menanjak. Tidak hanya ada titik longsoran di sisi kirinya (timur jalan), beberapa bagian badan jalan di tanjakan tersebut juga ambles karena dampak longsoran dan hujan. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati terutama di saat hujan atau malam hari," kata Kapolres Brebes AKBP Kif Aminanto, Rabu (11/4) kemarin.

Pihak Bina Marga setempat sebenarnya telah mengalihkan rute perjalanan melalui jalur Bumijawa-Sirampog atau Paguyangan. Namun tidak semua pengguna jalan terutama mobil pribadi dan truk lintas provinsi memahami rute tersebut. Terpaksa Bina Marga memberlakukan sistem buka tutup di titik longsoran serta membatasi beban kendaraan yang melintas tidak lebih dari lima ton. Inilah yang menjadi penyebab kemacetan panjang.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana