pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 22 Juni 2013 halaman 15
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Jadwal Pembayaran Lahan Tol Serpong-Cinere Dimajukan
 | Sabtu, 22 Juni 2013

Tangerang Jurnal Nasional

PEMERINTAH secara bertahap akan melakukan pembebasan lahan seluas 1.200 bidang tanah proyek pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere. Pembayaran lahan warga untuk pembangunan jalan tol bebas hambatan itu dimajukan lebih awal, sekitar September, dari target sebelumnya, November tahun ini.

Satgas Pembebasan Tanah Jalan Tol Serpong-Cinere, Rahma, mengatakan, bulan ini, timnya sedang melakukan pengukuran tanah yang akan dibebaskan. Ada 1.200 bidang yang dibebaskan. “Juli hingga Agustus akan diumumkan tim apresial dan pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengecek,‘ kata Rahma kepada pers, Jumat (21/6).

Rahma mengatakan, harga jual tanah yang diminta penduduk yang tanahnya dibebaskan pemerintah untuk proyek jalan tol Serpong-Cinere variatif. Harga termahal per meter tanah: Rp3,5 juta. Harga terrendah: Rp600 ribu per meter. Belum termasuk harga bangunan dan taman milik warga. Harga bangunan diperkirakan per meter Rp 2,5 juta. ‘Perkiraan penggantian tanah warga di atas NJOP,‘ kata Rahma.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pertanahan Tangerang Selatan Heru Agus Santoso mengatakan, jalan tol Cinere-Serpong sepanjang 10,14 kilometer yang dibangun pemerintah pusat merupakan bagian proyek JORR 2. Wilayah Tangerang Selatan. Tepatnya, di Kecamatan Ciputat dan Kecamatan Pamulang. Ada ribuan rumah yang nanti terkena gusur dalam proyek jalan bebas hambatan tersebut.

Lahan dan bangunan rumah penduduk yang akan terkena gusur di wilayah Kecamatan Ciputat seperti: Kelurahan Jombang (63 rumah), Serua (273 rumah), Sarua Indah (130 rumah), Cipayung (39 rumah), dan Kelurahan Ciputat (20 rumah). Total di wilayah Ciputat: 525 rumah.

Sedangkan wilayah Kecamatan Pamulang yang terkena pembasan lahan yakni di Kelurahan Pamulang Timur (58 rumah), Pamulang Barat (sekitar 28 rumah), Bambu Apus (316 rumah), dan Pondok Cabe Udik (71 rumah).

Untuk membebaskan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere, Kementerian Pekerjaan Umum mengalokasikan anggaran sebesar Rp764 miliar. “Dana sebesar itu untuk membebaskan lahan seluas 76 hektare yang akan dilewati jalur tol dari Ciputat sampai Pamulang,‘ kata Heru kepada Jurnal Nasional, Jumat (21/6). n Sabaruddin

close

Pemprov DKI akan membeli Palyja daripada menyerahkannya ke tangan perusahaan asing.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana