pencarian berita:
Jurnal Nasional - Jum'at, 13 Juli 2012 halaman 15
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Koperasi Kelola Pabrik Air Mineral
Tanjung Selor  | Jum'at, 13 Juli 2012

GUBERNUR Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meresmikan pabrik Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) yang dikelola Koperasi Serba Usaha (KSU) Ikhtiar Mahabbah (IM) di Desa Tanjung Agung, Bulungan, Kalimantan Timur.

"Pabrik AMDK resmi dibuka bersamaan dengan hari koperasi. Ini menjadi hari istimewa di Kaltim dalam memperingati hari koperasi karena Pabrik ini dikelola oleh KSU," katanya usai meresmikan pabrik AMDK di Bulungan, Kaltim pada Kamis (12/7).

Menurut dia, pabrik AMDK tersebut satu-satunya pabrik AMDK yang dikelola koperasi. Direktur KSU IM Ali Muhajir menjelaskan nilai investasi untuk mendirikan pabrik air mineral dalam kemasan yang berasal dari air Gunung Tanjung Agung itu sekitar Rp1,5 miliar.

"Modal itu berasal dari seluruh anggota koperasi yang berjumlah 315 anggota sejak 2011," katanya.

Untuk sementara, kata Ali, dengan modal itu, KSU menggunakan peralatan mesin dengan kapasitas 4.800 liter per jam. Namun, dengan kapasitas itu, KSU untuk sementara hanya menargetkan penjualan masing-masing untuk kemasan botol dan gelas sebanyak 100 ribu botol dan gelas dalam seminggu. "Karena ini baru dibuka, sementara kami mengambil pangsa di lokal kabupaten. Dengan dukungan dari pemerintah provinsi, kami akan merambah ke pangsa nasional dan internasional," katanya.

Dari pangsa lokal kabupaten, KSU telah mendapatkan dukungan dari Pemkab Bulungan dengan menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah kabupaten Bulungan agar menggunakan produk AMDK dari KSU IM. "Kami bersyukur Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltim akan mengenalkan produk kami ke tingkat Nasional. Kami juga berharap dukungan dari semua pihak agar koperasi ini dapat berkembang," katanya. Rusli

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana