pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 07 Januari 2012 halaman 15
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Nilai Tukar Petani Harus Ditingkatkan Nilai Tukar Petani Harus Ditingkatkan
Jambi | Sabtu, 07 Januari 2012
Luther Kembaren
Pemerintah provinsi diminta meningkatkan nilai tukar petani (NTP) sebagai inidkator keberhasilan daerah meningkatkan kesejahteraan petani. Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Emil Salim, mengatakan nilai tukar petani di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi harus ditingkatkan, sebagai indikator keberhasilan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Nilai tukar petani (NTP) harus ditingkatkan, karena sebagai kunci keberhasilan daerah dalam membangun serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," kata Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Emil Salim dalam kunjungan kerja ke Jambi dilansir Antara di Jambi, Jumat (6/1).

Dia mengatakan sebagian besar penduduk Provinsi Jambi adalah petani, namun nilai tukarnya masih di bawah seratus persen, dalam artian, penghasilan yang didapat belum seimbang dengan kebutuhannya.

Dicontohkan, jika pendapatan petani dalam sebulan lebih kecil dibanding pengeluaran untuk memenuhi kebutuhannya, menunjukkan nilai tukarnya masih rendah.

Dalam meningkatkan nilai tukar petani, pemerintah harus membangun berbagai sarana infrastruktur, khususnya jalan hingga ke sentra-sentra produksi.

Selain itu tingkat kemampuan dan pendidikan petani juga harus diprioritaskan, karena dengan berpengetahuan dan berpendidikan, petani akan mampu meningkatkan produksinya.

Petani yang pintar dan berpendidikan, tidak saja mampu meningkatkan produksi, namun juga meningkatkan nilai tambah dan nilai jual hasil pertaniannya. Selain itu, pemerintah juga harus membangun dan mengembangkan lembaga keuangan seperti bank dan koperasi, supaya petani dapat mengembangkan usahanya lewat pinjaman pada bank dan koperasi tersebut.

Keberhasilan suatu daerah juga diukur dari nilai tukar petani di daerahnya, untuk itu peran petani tidak boleh diabaikan. "Bila petani di suatu daerah agraris berhasil dan maju dapat ipastikan daerah tersebut tingkat kemiskinannya rendah dan berhasil dalam membangun daerahnya, sebaliknya jika petani nya gagal, maka daerah tersebut tingkat kemiskinannya tinggi," katanya. n Luther Kembaren
close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana