pencarian berita:
Jurnal Nasional - Selasa, 18 Juni 2013 halaman 12
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Keberangkatan 761 Calon Jamaah Haji Kalsel Ditunda
Banjarmasin | Selasa, 18 Juni 2013

KEBERANGKATAN 761 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kalsel ditunda buntut pengurangan kouta haji tahun 2013 yang dilakukan pemerintah Arab Saudi. Alasan pengurangan kuota haji, berdasarkan surat dari Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi pada Kamis (6/6), disampaikan bahwa karena keterlambatan penyelesaian rehabilitasi Masjidil Haram dan demi menjamin keselamatan jamaah haji, maka pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengurangi kuota haji 2013 di seluruh dunia sebesar 20 persen.

"Akibat kebijakan ini Kalsel mendapat pengurangan sebanyak 755 orang CJH, ditambah petugas daerah enam orang seluruhnya berjumlah 761 orang ditunda keberangkatan hajinya, ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Abdul Halim H Ahmad, saat meninjau Asrama Haji di Banjarbaru, Senin (17/6).

Jadi total pengurangannya 761 orang, dengan rincian 407 orang CJH yang sudah melunasi dan 277 orang CJH yang belum melunasi, enam orang petugas daerah serta 71 orang usulan CJH usia lanjut dan pendamping.

Berdasarkan rekapitulasi jumlah pengurangan CJH lunas tunda Provinsi Kalsel untuk daerah Kota Banjarmasin 70 orang CJH, Kabupaten Banjar 37 orang, Kabupaten Tanah Laut 18 orang, Kabupaten Tapin 48 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 40 orang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 30 orang. Kemudian Kabupaten Barito Kuala 19 orang, Kabupaten Tabalong 51 orang, Kabupaten Kotabaru 16 orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara 13 orang, Kabupaten Banjarbaru, Kabupaten Balangan 26 orang, dan Kabupaten Tanah Bumbu 24 orang dengan total 407 orang.

Abdul Halim mengatakan jumlah jamaah haji telah melakukan pelunasan biaya haji pada 12 Juni 2013 sebanyak 185 ribu jamaah Indonesia dan keberangkatan jamaah haji akan dimulai pada 10 September 2013. Jamaah haji Indonesia yang melakukan pelunasan tersebut telah menunggu selama 7-10 tahun untuk mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Dia memperkirakan kerugian yang ditanggung travel biro swasta, perusahaan penyediaan haji di dalam negeri, penerbangan serta kompensasi kerugian bagi jamaah batal berangkat mencapai Rp300 miliar-Rp350 miliar. Kerugian nonfinansial, yakni sosial dan kepercayaan dari pengurangan kuota haji Indonesia sangatlah signifikan khususnya dampak bagi jamaah haji yang batal berangkat beserta keluarga dan terjadi penurunan kepercayaan kepada penyelenggaraan ibadah haji.

Rencananya Menteri Agama Suryadharma Ali akan ke Arab Saudi pada 19 Juni 2013 untuk menyampaikan surat keberatan kepada Menteri Haji Arab Saudi Muasssah dan otoritas Masjidil Haram dengan agenda pembahasan tentang surat keberatan Menteri Agama RI.

Kementerian Agama melalui Kanwil Kemenag, Kanwil Kemenag Kabupaten/kota dan seluruh jajarannya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pada CJH yang telah melunasi BPIH-nya. Serta menyediakan perpanjangan pelunasan BPIH yang akan direncanakan pada 18-26 Juni 2013.

CJH yang kemungkinan akan terkena kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota ini, Kementerian Agama menjamin akan kepastian mendapatkan alokasi kuota keberangkatan pada 2014 dan kepada mereka tidak akan dikenakan biaya tambahan BPIH apabila terjadi selisih pada 2014. n Rahma

close
Jakarta

Korban meninggal akibat longsor paling banyak terjadi.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana