pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 20 Februari 2012 halaman 12
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Dua Kebakaran Gas, Satu Tewas
Tengerang  | Senin, 20 Februari 2012
Rihad Wiranto

Dua peristiwa kebakaran terjadi di Kota Tangerang, saat libur akhir pekan. Selain gudang penyimpanan tabung gas elpiji dijilat si jago merah, yang melukai lima orang karyawan, kasus kebakaran lainnya menewaskan seorang nenek saat menyalakan sumbur kompor gas.

Kebakaran gudang penyimpanan gas elpiji berlokasi di Jalan H Mean RT 02 RW 02 Kelurahan Karang Timur, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, terjadi pada Sabtu (18/2), pukul 09.30 WIB. Kejadian itu melukai lima orang pegawai ketika melakukan pekerjaan. Adalah Raub (32), Sakih (36), Sawin (31), Iwan (21), dan Bawor (31), mereka terluka ketika hendak menyuntikkan tabung gas dari ukuran tiga kilogram dipindahkan ke tabung ukurang 12 kilogram di dalam gudang. Kelimanya mengalami luka bakar sekitar 50 persen.

"Sebelum kebakaran Sabtu pagi itu, sudah tercium bau gas dari gudang dari jarak 15 meter, lalu terdengar suara ledakan, bummm!" kata Sahdiah warga setempat, kepada Jurnal Nasional di lokasi, Sabtu (18/2).

Peristiwa itu juga menhanguskan setidaknya 700 tabung gas ukuran tiga dan 12 kg, serta dua unit kendaraan truk Isuzu Elp B9396 FH dan mobil Daihatsu pikap, di dalam gudang. Saat api berkobar, warga gotong royong mencoba memadamkan api, namun sulit karena api di gudang gas kian membesar.

Penduduk hanya menyelamatkan barang berharga mereka yang rumahnya berdampingan dengan gudang gas itu. Si jago merah akhirnya bisa dipadamkan tiga jam kemudian oleh 10 unit pemadam kebakaran, setelah api muncul pertama kali sekitar pukul 09.30 WIB.

"Semua warga yang rumahnya berada di samping gudang, kaget dan menyelamatkan diri sambil membawa barang berharga mereka," kata Aan, warga lainnya.

Di tempat berbeda, kebakaran pada Sabtu akhir pekan juga menewaskan seorang nenek bernama Dumas Sari (62) setelah rumahnya di Perumahan 4 Cibodas, RT 12, Kota Tangerang, terbakar. Berdasarkan kesaksian tetangga korban, jasad Dumak hangus terbakar saat pertama kali ditemukan, penyebab kebakaran itu setelah sumbu kompor gas terlepas dan api menyulut, membakar nenek itu seorang diri.

"Selepas Isya pada Sabtu (18/2) kami mencium bau makanan yang baru digoreng, tidak tahunya pada Minggu (19/2) warga mendapati korban sudah gosong di rumahnya," kata Surya tetangga korban, Minggu (19/2).

Kepala Satuan Reserse dan Kriminil Polres Metro Tangerang, AKBP Rahmat mengakui kedua kejadian kebakaran itu, sampai saat ini pihaknya masih mengembangkan apa penyebab kedua kasus kebakaran tersebut. Kasus gudang gas terbakar sedang diselidiki, adapun kasus kebakaran yang menewaskan Dumak seorang nenek di Perumahan empat Cibodas, diduga human error.

"Berdasarkan penyidikan di Cibodas, itu kecelakaan murni. Sumbur kompor terlepas dan menyambar tubuh korban saat mengoreng keripik di rumahnya," kata Rahmat kepada pers, kemarin. n Sabaruddin

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana