pencarian berita:
Jurnal Nasional - Senin, 07 Januari 2013 halaman 11
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Kuota Haji Lampung Terpenuhi Hingga 2022
Bandarlampung | Senin, 07 Januari 2013
Anton Setiawan

ANTREAN daftar tunggu haji berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Lampung hingga tahun 2022 telah mencapai 53.335 orang. Sedangkan kuota haji Lampung 2012 lalu berjumlah 6.300 jemaah. “Dengan jumlah antrean yang masuk daftar tunggu 53.335 orang, berarti hingga tahun 2022 kuota Lampung sudah terpenuhi," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi Lampung, Abdurrahman di Bandarlampung, kemarin.

Menurut Abdurahman, jemaah calon haji yang mendaftar pada 2013 ini diperkirakan menunggu selama sembilan tahun mendatang yaitu 2022. Meskipun demikian, bagi jemaah calon haji yang berusia di atas 85 tahun berkesempatan diberangkatkan segera, sesuai dengan peraturan menteri agama. "Jadi para jemaah calon haji yang umurnya di atas 85 tahun, sesuai dengan aturan menteri agama, bisa diberangkatkan segera. Walaupun mendaftar pada 2013 atau tahun seterusnya, akan didahulukan," ujarnya.

Sementara itu, mengenai ongkos haji, kata Abdurrahman untuk tahun ini belum ditentukan pemerintah pusat. Namun, untuk mendapatkan nomor porsi haji, calon haji bisa menyetorkan dana awal sebesar Rp25 juta ke bank penerima setoran haji. "Untuk 2013 ini, belum diketahui ongkos haji berapa. Bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari tahun lalu," katanya lagi.

Abdurrahman menambahkan, terkait dengan peringatan hari Amal Bakti ke-67, Kanwil Agama Lampung memberikan beasiswa kepada siswa-siswa mulai dari Madrasah Ibditaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) dan Madraha Aliyah Negeri (MAN), dengan total nilai beasiswa Rp100 juta.

Dana tersebut dikumpulkan dari zakat profesi para pegawai Kanwil Agama se-Provinsi Lampung. “Untuk penyaluran beasiswa tersebut kita bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri," katanya menambahkan.

Selain beasiswa, pada peringatan Hari Amal Bhakti tahun 2013, pihaknya juga mengadakan acara donor darah, pembagian paket ke panti asuhan dan khitanan massal. Sedangkan untuk pegawai, diadakan berbagai lomba olahraga yang bertujuan untuk mempererat silaturahim antarpegawai, baik yang ada di provinsi, kabupaten dan kota. Muhammad Naviandri

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana