pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 28 Juli 2012 halaman 11
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Berbagai Pilihan Dapur Cantik
 | Sabtu, 28 Juli 2012
Rusdy Setiawan Putra

TATA letak dan fitur-fitur serta aksesoris sebuah dapur yang terlihat sempurna bagi satu orang, belum tentu cocok diterapkan di dapur kita. Biasanya setiap desain menyangkut aturan-aturan, kebiasaan, dan gaya hidup yang tidak sama pada setiap keluarga. Selera pemilik rumah menjadikan desain dapur sangat subyektif dan sesuai dengan perkembangan jaman.

Karena itu, sebaiknya tentukan dulu kebutuhan Anda dan anggota keluarga secara khusus, sebelum memutuskan model dapur yang diinginkan. Tak hanya itu, cari informasi mengenai produk dan fitur dapur terbaru yang lebih mutakhir. Kalau Anda berencana membuat dapur atau sekadar merenovasinya, berikut kami sajikan lima pilihan desain dapur terkini yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

Lupakan masa lalu dan tinggalkan dapur berwarna gelap dengan penerangan minim seperti milik ibu-ibu jaman dulu, apalagi untuk rumah dengan lahan terbatas. Model dapur satu baris (single line) dengan tampilan kabinet tanpa tekstur dengan berbagai pilihan warna-warna terang layak ditiru dan menjadi pilihan Anda dan keluarga. Tampak kontras dengan meja kerja yang menampung perabot rumah tangga dan kompor built in berlapis granit warna hitam pekat. Aplikasi keramik mozaik putih pada panel belakang memberi kesan lebar dan higienis.

Selain itu, dapur idealnya memang berbentuk L untuk menampung leluasa tiga kegiatan wajib di dalamnya: menyimpan, mencuci dan memasak. Seperti terlihat pada dapur bergaya modern yang didominasi warna putih dan aksen serat kayu cokelat tua yang menghangatkyan ini. Tampilan kabinet atasnya yang dimaksimalkan hingga menyentuh langit-langit, dirancang simpel dan dibiarkan mulus tanpa elemen handel pada daun pintunya. Begitu juga laci-laci pada kabinet bawah terlihat saling menyambung tanpa ornamentasi. Aksen motif hanya ditampilkan lewat panel belakang yang mempertontonkan guratan-guratan batu alam granit putih yang elegan. Desain dapur ini cocok untuk rumah berinterior modern.

Jika ukuran ruang masih memungkinkan, ulur panjang kabinet membentuk model U bisa pula menjadi pilihan. Meski tidak terlalu besar, tambahan panjang kabinet bisa berguna untuk tempat penyimpanan dan bagian atasnya menjadi meja persiapan. Perhatikan kabinet atasnya yang dihadirkan dengan daun pintu berlapis kaca sandblast. Efek transparannya mampu menembuskan pandangan ke dalam isi kabinet. Selain memberi kesan ringan dan lapang pada ruang dapur yang tidak terlalu besar ini, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai display koleksi tableware.

Ingat pula bahwa impian kebanyakan ibu-ibu yang gemar memasak agaknya bisa terealisasi dengan kehadiran dapur plus island table. Desain dapur model ini dapat menjawab kebutuhan meja persiapan atau area memasak yang cukup lapang. Juga untuk menambahkan area meja sarapan (breakfast table). Yang tampak menonjol dari desain dapur bergaya modern ini adalah pemilihan material yang banyak didominasi kaca sandblast, kaca cermin serta bahan stainless steel. Terlihat pada kabinet-kabinet, panel belakang, rak-rak kaca transparan hingga meja persiapan berbentuk persegi empat pada area island table. Tentu semakin menggugah Anda ingin memasak sambil bercermin pula.

Keharusan

Dapur merupakan salah satu ruang vital yang keberadaannya menjadi keharusan bagi setiap rumah. Mengingat fungsinya sebagai unsur pemenuhan kebutuhan dasar, sebaiknya dapur dibuat terpisah dan tidak terganggu oleh kepentingan ruang lainnya. Pada awalnya, dapur hanya digunakan untuk melakukan aktivitas memasak dan mengolah makanan. Seiring berjalannya waktu, fungsi tersebut telah bergeser luas sehingga bisa difungsikan untuk menerima tamu, tempat bekerja, dan tempat berkumpul keluarga.

Sebagai tempat yang digunakan untuk mengolah makanan, dapur harus selalu terjaga kesehatan dan keamanannya. Dapur yang tidak sehat akan menyuburkan bakteri dan virus yang dapat memengaruhi kesehatan manusia. Untuk membuat dapur yang sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti memperhatikan peletakan area bekerja untuk memotong dan mengolah makanan, menggunakan furnitur yang ergonomis, pencahayaan yang memadai, dan tempat penyimpanan yang cukup.

Ada dua jenis pencahayaan yang paling sederhana yang dapat diaplikasikan ke dalam desain dapur, yaitu pencahayaan alami dan cahaya buatan. Dapur juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Menempatkan bukaan, seperti lubang ventilasi atau jendela di dapur berguna menghindari keracunan akibat gas-gas berbahaya. Jika tidak memungkinkan, bisa menggunakan cooker hood untuk mengalirkan udara secara elektrik.

Kenyamanan sebuah dapur juga dipengaruhi rapi atau tidaknya penyimpanan peralatan dapur. Saat ini, banyak keluarga yang memilih kitchen set untuk efisiensi penyimpanan peralatan dapur. Di dalam satu kitchen set, biasanya terdapat kabinet-kabinet untuk penyimpanan peralatan, meja kerja, lemari, dan cooker hood. n RS Putra

close

Pemberlakukan harga baru apartemen membuat para pengemabng bergairah membangun apartemen murah.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana