pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 18 Oktober 2012 halaman 10
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
PJB Services-First Solar Bangun PLTS
Jakarta  | Kamis, 18 Oktober 2012
Wahyu Utomo

PEMBANGKITAN Jawa Bali Services (PJB) dan First Solar Inc menandatangani kerja sama pengembangan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia. Nota Kesepahaman atau MoU yang disahkan kemarin mengatur soal rencana pembangunan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 100 Megawatt (MW).

"Indonesia sangatlah membutuhkan sumber daya energi yang hemat dan juga dapat diandalkan. Oleh karena itu, kerja sama dengan PJB Services ini dapat dijadikan sebagai solusi ideal bagi Indonesia,‘ kata Won Park, Senior Manager Business Development and Sales First Solar Asia Tenggara dalam keterangan persnya, Rabu (17/10).

Menurutnya, MoU tersebut menunjukkan kepercayaan First Solar terhadap potensi PLTS di Indonesia. Inilah kerja sama pertama First Solar di Indonesia. "MoU ini juga merupakan langkah pertama dalam mengembangkan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya photovoltaic (PV) berskala penggunaan untuk PJB Services, yang merupakan perusahaan pengoperasian dan perawatan fasilitas pembangkit listrik tradisional di Indonesia," ujar Won Park.

PJB merupakan anak perusahaan dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Dan MoU tersebut merupakan langkah awal kedua perusahaan dalam mengembangkan dan membangun sekaligus mengoperasikan PLTS 100 MW. Kerja sama itu juga memuat mengenai solusi hybrid PV menggunakan modul PV berlayar tipis plus sistem layanan dan komponen terkaitnya.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan penyedia tenaga surya terkemuka di dunia," katanya.

Dini Hariyanti

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana