Rabu, 24/04/2024 03:31 WIB

Gunakan Teknik Ini Untuk Memahami Bahasa Tubuh

Apakah Anda ingin memahami atasan, rekan kerja, atau pasangan Anda secara akurat? Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana cara membaca bahasa tubuh.

Ilustrasi

Jakarta - Apakah Anda ingin memahami atasan, rekan kerja, atau pasangan Anda secara akurat? Ya, syaratnya Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana cara membaca bahasa tubuh (body language). Hal ini akan membuat Anda mampu menyesuaikan tindakan Anda kepada mereka.

Dengan memahami tanpa harus bertanya kepada mereka, Anda dapat melakukan teknik di bawah ini. Apa saja?

Perhatikan penampilan

Ketika membaca seseorang dari penampilannya, maka perhatikanlah apa yang mereka kenakan. Biasanya apa yang mereka kenakan menunjukkan siapa diri mereka, seperti mereka yang mengenakan setelan jas dan sepatu yang mengkilap menunjukkan seorang yang ambisius. Penggunaan celana jeans dan t-shirt menunjukkan kenyamanan dan cenderung dianggap pribadi yang santai. Sedangkan jika dia memakai sebuah liontin seperti salib atau Buddha menunjukkan seseorang yang agamis, demikian dilansir dari Psychology Today.

Perhatikan postur

Dengan melihat postur seseorang, Anda dapat menyimpulkan karakter seseorang tersebut, seperti orang yang berjalan dengan kepala menunduk menandakan ia adalah orang yang sedang bimbang, tidak percaya diri, atau tengah khawatir berlebihan. Sedangkan orang yang berjalan dengan membusungkan dada menandakan bahwa dia merupakan orang yang angkuh dan memiliki ego yang besar.

Pergerakan tubuh

Memperhatikan pergerakan fisik seseorang juga dapat membuat Anda memahami sesuatu yang ingin disampaikan oleh seseorang yang melihatnya. Contohnya

Bersandar atau berjarak? Orang yang membuka diri dan merasakan kedekatan akan bersandar pada Anda. Dan begitu pula sebaliknya.

Lengan dan kaki yang menyilang. Pose ini menunjukkan sikap defensif, marah, atau membatasi diri.

Menyembunyikan salah satu tangan. Ketika orang menempatkan tangannya di balik pangkuan, kantong, atau di belakang tubuh mereka, itu menunjukkan bahwa mereka tengah menyembunyikan sesuatu.

Menggigit bibir. Ketika orang terlihat menggigit bibir mereka, itu pertanda mereka tengah mencoba untuk menenangkan diri di bawah tekanan atau dalam situasi yang canggung.

Tafsirkan Ekspresi Wajah

Emosi bisa tergambar di wajah seseorang. Garis kerutan yang dalam menunjukkan rasa khawatir atau berpikir terlalu dalam. Senyum asli tanpa dibuat-buat menunjukkan sukacita. Bibir mengerucut ke depan menandakan sinyal kemarahan, kebencian, atau kepahitan. Rahang mengeras atau gigi menggertak merupakan tanda-tanda ketegangan.

KEYWORD :

Membaca bahasa tubuh gaya hidup tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :