Senin, 24/09/2018 14:20 WIB

Antisipasi ``Trump Effect``, BI Tahan Suku Bunga Acuan

Nilai tukar banyak negara melemah terhadap dolar AS, termasuk rupiah

Gubernur BI Agus Martowardjojo (wartabuana.co)

Jakarta - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) putuskan menahan 7 Days Reverse Repo Rate pada angka 4,75%.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi gejolak pasar keuangan setelah kemenangan Donald Trump di Pilpres Amerika Serikat yang akrab disebut `Trump Effect``

"Fundamental ekonomi Indonesia berada dalam kondisi yang baik akan tetapi Pasca pemilu AS memang menimbulkan banyak ketidakpastian," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowrdjojo di kantornya, Kamis (17/11/2016).

Nilai tukar banyak negara melemah terhadap dolar AS, termasuk rupiah. Dikarenakan aliran modal lari ke AS karena dianggap sebagai tempat yang lebih aman dari ketidakpastian.

"Dalam banyak hal adalah karena perilaku investor yang ingin melakukan sesuatu respons atas kondisi di AS. Memang kondisi pemilu membuat cukup banyak ketidakpastian dan menjadi capital flight to quality. Banyak negara berkembang yang portfolio manager cenderung melepas posisinya," terang Agus.

Pada sisi lain, perbaikan ekonomi AS juga mendorong kenaikan suku bunga AS terealisasi pada Desember mendatang.

"Dalam perkembangan ekonomi AS yang cenderung membaik, terkonfirmasi di AS akan ada peningkatan Fed Fund Rate yang diyakini terjadi dalam waktu dekat," tukasnya.

Sebagaimana telah diumumkan pada tanggal 15 April 2016, untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter, terhitung mulai Agustus 2016, BI menggunakan BI 7-day RR Rate sebagai suku bunga kebijakan menggantikan BI Rate.

Berikut adalah pergerakan suku bunga acuan sejak BI melakukan reformulasi kebijakan moneter dengan mengubah suku bunga acuan dari BI Rate ke 7 Day Repo Rate per Agustus lalu:

Agustus:
- 7 Day Repo Rate: 5,25%
- Deposit Facility: 4,5%
- Lending Facility: 6%

September
- 7 Day Repo Rate: 5%
- Deposit Facility: 4,25%
-Lending Facility: 5,75%

Oktober
-7 Day Repo Rate: 4,75%
- Deposit Facility: 4%
- Lending Facility: 5,5%.

TAGS : Bank Indonesia Suku Bunga Acuan Trump Effect




TERPOPULER :