Selasa, 23/04/2024 21:49 WIB

Kemenangan Trump Tidak Mengejutkan

Kemenangan Trump dianggap mengejutkan, mengingat Hillary Clinton dalam sebuah jajak pendapat dan survey selalu mengungguli calon dari Partai Republik tersebut.

Demonstrasi anti Trump.(foto:myfox8)

Beberapa hari sebelum pemilu, sebuah gereja milik komunitas orang kulit hitam di Mississipi dibakar dan mengalami vandalisme dinding-dinding tembok sebelah luar. "Vote Trump", demikian bunyi tulisan yang melekat pada dinding gereja tersebut.

Bagi sebagian orang kemenangan Trump dianggap mengejutkan, mengingat Hillary Clinton dalam sebuah jajak pendapat dan survey selalu mengungguli calon dari Partai Republik tersebut. Namun, tiba masa pemilihan kenyataan berkata lain. Trump memenangkan pemilihan presiden. Imbas dari kemenangan Trump adalah muunculnya penolakan atas terpilihnya pengusaha properti itu.

Salim Muwakkil, seorang host radio yang terkenal di Chicago. Baginya kemenangan Trump bukanlah hal yang mengejutkan. Menurutnya, Trump adalah bagian dari tren global kenaikan nasionalisme ekstrim dan rasisme dalam menanggapi munculnya imigran.

Perlu diketahui, memang terjadi peningkatan imigran, baik dari negara-negara miskin Afrika maupun imigran dari negara-negara yang terlibat konflik dan kekerasan seperti di Suriah, menuju Eropa. Banyak dari negara-negara Eropa terbuka menerima imigran, namun beberapa negara mengalami persoalan dengan para imigran, terutama isu-isu terorisme.

"Terpilihnya Trump merupakan indikasi bahwa AS juga bereaksi terhadap faktor-faktor yang sama yang terjadi di Eropa dalam beberapa tahun terakhir," ucap Muwakkil, seperti dikutip dari aljazeera.

Trump dianggap mampu menggalang orang-orang kulit putih yang miskin dan kelas pekerjanya dengan menggunakan isu anti imigran, xenopobia dan rasisme untuk menyalakan ketakutan dan ketidakpastian. Dihembuskan pula dugaan "tumbuhnya kekuatan kulit hitam atau minoritas lainnya".

Bahkan, jika tanpa adanya isu-isu rasis, nasionalisme ekstrim ataupun sentimen anti asing, Trump kemungkinan besar juga akan terpilih. Menurut Muwakkil, sulit bagi suatu partai politik untuk tetap mengontrol Gedung Putih selama lebih dari dua periode. Terkadang ada semacam kejenuhan, batas kecemasan dan kecemasan pula yang memainkan peran.[]

KEYWORD :

kemenangan trump tidak mengejutkan donald trump terpilih sebagai presiden AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :