Jum'at, 19/04/2024 15:00 WIB

Puti Tawarkan Gagasan Bung Karno ke Jepang

Transformasi pengelolaan dan pola baru hubungan antar negara dan bangsa secara utuh perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita Bung Karno.

Anggota Komisi X DPR, Puti Guntur Soekarno

Jakarta - Transformasi pengelolaan dan pola baru hubungan antar negara dan bangsa secara utuh perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita Bung Karno. Sehingga tidak parsial atau berdiri sendiri.

Anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno menilai, hal itu sejalan dengan gagasan Bung Karno dalam pidatonya berjudul `To Build the World a New` pada sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1960.

"Bangunan tata dunia baru tersebut membutuhkan transformasi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hukum yang konstruktif demi terwujudnya kemanusiaan dan keadilan sosial bagi setiap warga ditiap negara dan semua penduduk dunia," kata Puti, di Jakarta, Selasa (11/8).

Lebih jauh, cucu Bung Karno itu menjelaskan, Pancasila haruslah dimengerti sebagai ideologi yang memiliki semangat menentang kesenjangan dan ketimpangan di dunia yang diakibatkan eksploitasi berlebihan yang dijalankan oleh kapitalisme global.

Puti melanjutkan, Pancasila mengandung keinginan menjamin, menghormati, dan memenuhi hak kemerdekaan bangsa, kesejahteraan umum, keadilan sosial, kehidupan yang beradab, serta perdamaian dunia yang abadi.

Puti menyatakan, hal ini juga telah ditekankan saat menghadiri simposium bertema "Refleksi Pemikiran Soekarno dari Masa Kini Abad ke-21” di Pusat Studi Asia–Jepang, Program Pasca Sarjana, Universitas Kokushikan, Kamis 3 November 2016 lalu.

"Saya awali pidato dengan mengutip kata-kata Sukarno, Presiden Republik Indonesia yang pertama. Kami nasionalis, kami cinta kepada bangsa kami dan kepada semua bangsa," kata Puti.

Melalui forum tersebut, Puti mengajak, peserta  peneliti dari Indonesia dan Jepang memulai menapaki jalan kerjasama, jalan budaya, dan jalan Pancasila untuk membangun tata dunia baru.

Hal itu, lanjut Puti, secara bersama meniti jalan kebudayaan secara bersama-sama, memperjuangkan cita-cita Soekarno dalam memberikan sumbangan membangun peradaban dan perdamaian abadi di dunia.

"Untuk mewujudkan semua ini bisa kita tempuh dengan strategi politik," pungkasnya.

KEYWORD :

Anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Sukarno Pancasila Gagasan Soekarno Bung Karno Jurnas.comr




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :