Jum'at, 19/04/2024 05:52 WIB

Unik, Warga Kenya Ini Bangga Menikah Gaya Indonesia

Acara itu berlangsung di halaman kompleks sekolah di Nairobi, Kenya. Ruangan yang tak terlalu lebar itu menjadi penuh sesak. Sekitar 400 orang tamu hadir.

Joshua Moga bangga dengan budaya Indonesia.(foto:ali)

Nairobi - Ini gaya pernikahan yang juga mengawinkan dua budaya yang berbeda. Seorang warga Nairobi, Kenya, yang begitu terpukau dengan budaya-budaya Indonesia, melangsungkan pernikahannya dengan gaya Indonesia dan acara ditutup tari-tarian Kenya yang energik.

"Kami sangat bahagia dapat mengenakan pakaian pernikahan asal Indonesia pada pesta pernikahan kami," kata Joshua Mugo, sang pengantin pria, usai acara resepsi yang diliput media cetak dan TV di Nairobi, pada Minggu (6/11).

Acara itu berlangsung di halaman kompleks sekolah di Nairobi, Kenya. Ruangan yang tak terlalu lebar itu menjadi penuh sesak. Sekitar 400 orang tamu hadir. Alunan gending Jawa pelan-pelan menyebar aroma sakral. Kedua mempelai, yang memakai pakaian adat Jawa warna hitam motif keemasan dengan kain jarik batik, memasuki gedung. Irama Gending Lancaran Kebo Giro, gending khas iringan pengantin ala Jawa, masih tetap terdengar.

Di tengah acara, kejutan masih berlangsung. Grup angklung Dharma Wanita KBRI Nairobi, bersama kelompok paduan suara asal Nairobi, membawakan dua lagu Kenya, Jambo Bwana dan Malaika. Nyanyian tersebut diiringi angklung, alat musik khas Jawa Barat.

150 biji angklung, yang didatangkan dari Bandung, dimainkan secara massal oleh para tamu undangan. Mereka antusias memainkan angklung dan menyanyikan lagu bersama. Bahkan, ada yang sengaja menggoyang-goyangkan saat lagu usai, karena ritmis nadanya yang berbeda tersebut. Para tamu undangan tampak sangat menyukai souvenir angklung yang dibagikan.

“Ini pertama kalinya masyarakat Kenya melihat pernikahan dengan adat asal Indonesia dipadukan dengan penampilan Angklung,” tutur Joshua, yang sekaligus bertindak sebagai konduktor saat memainkan angklung.

Para tamu undangan berdecak kagum, ketika di sela-sela resepsi dijelaskan sekilas tentang betapa tingginya keanekaragaman budaya Indonesia dengan 252 juta penduduk, lebih dari 17.000 pulau serta ratusan bahasa dan suku bangsa. Mempelai pria menyatakan kebanggaannya akan budaya Indonesia.

“Pernikahan dengan perpaduan dua budaya, Indonesia dan Kenya, ini merupakan bagian dari upaya memperkenalkan Indonesia kepada publik Kenya,” jelas Soehardjono Sastromiharjo, Duta Besar Indoensia untuk Nairobi, Kenya. Menurutnya, promosi kebudayaan Indonesia akan terus dilakukan, karena faktanya banyak warga negara asing yang begitu menyukai budaya Indonesia.[]

KEYWORD :

unik warga kenya menikah gaya indonesia perpaduan dua budaya dubes indonesia untuk kenya Soehard




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :