Selasa, 16/04/2024 21:07 WIB

Mitos Mengerikan Si Labu Halloween

Tentunya banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan lentera labu yang biasa menjadi simbol di hari Hallowen. Namun tahukah Anda bahwa ternyata lentera labu tersebut ternyata memiliki sejarah yang cukup menyeramkan

Ilustrasi labu Halloween yang mengerikan

Tentunya banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan lentera labu yang biasa menjadi simbol di hari Hallowen. Namun tahukah Anda bahwa ternyata lentera labu tersebut ternyata memiliki sejarah yang cukup menyeramkan?

Hantu Labu atau Istilah Jack O` Lantern berasal dari dongeng Irlandia tentang seorang yang bernama Stingy Jack. Berdasarkan dongeng tersebut, Stingy Jack mengundang iblis untuk minum bersamanya. Sesuai dengan namanya Stingy (pelit), Jack tidak mau membayar minuman tersebut. Dia kemudian menyuruh iblis untuk merubah dirinya menjadi sebuah koin emas untuk membayar minuman tersebut.

Setelah iblis setuju dan berubah menjadi koin, Jack memutuskan untuk menyimpan dalam sakunya bersebelahan dengan salib perak, hal itu membuat iblis tidak bisa kembali ke bentuk aslinya. Jack kemudian membuat iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama setahun kedepan, dan agar tidak mengklaim jiwanya ketika ia sudah mati.

Tahun selanjutnya, Jack kembali menipu iblis agar mau memanjat pohon untuk mengambil buah. Ketika iblis hendak turun, Jack menggambar tanda salib di pohon tersebut hingga akhirnya iblis tidak bisa turun. Jack kemudian membuat iblis berjanji untuk tidak mengganggunya selama sepuluh tahun kedepan.

Tidak berapa lama kemudian Jack meninggal. Karena sifatnya yang buruk, Tuhan melarang Jack masuk surga. Dan karena janjinya pada Jack, iblis tidak bisa memasukkannya ke neraka. Sang iblis kemudian melempar Jack pada kegelapan malam bersama dengan arang yang menyala untuk menerangi jalannya. Jack kemudian meletakkan arang tersebut kedalam lobak yang telah dipahat dan semenjak itu arwahnya berkelana di dunia dengan membawa lentera tersebut.

Orang-orang irlandia kemudian mulai menyebut hantu tersebut dengan julukan Jack of the Lantern, dan kemudian disingkat menjadi Jack O’Lantern, sebagaimana dilansir dari History.

KEYWORD :

Halloween Perayaan Haloween tiap negara Halloween unik Mitos labu Halloween




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :