Rabu, 17/10/2018 21:26 WIB

Ini Manfaat Dahsyat Minum Air Setelah Bangun Tidur

Dikutip dari Life Hack, inilah 8 manfaat yang akan Anda dapatkan setelah meminum air dalam kondisi perut kosong

Ilustrasi minum

Jakarta - Wanita Jepang terkenal dengan bentuk tubuh mereka yang langsing, sehat, dan kencang. Meskipun muncul asumsi bahwa kemolekan tubuh didapat melalui warisan genetis, tak sedikit pula yang mengklaim bahwa kebiasan yang mereka lakukan setiap pagi sebagai kunci untuk menjaga tubuh tetap. Ya, sederhana sekali, hanya minum air putih setiap mereka bangun dari tidur di pagi hari.

Kebiasaan yang mengakar dalam kebudayaan masyarakat Jepang ini merupakan bentuk perawatan tubuh dengan menggunakan air putih. Cara ini sudah terbukti secara saintis membantu memperbaiki bagin-bagian tubuh yang rusak. Tidak seperti di Amerika atau negara Barat lainnya, masyarakat Jepang jarang terkena penyakit seperti diabetes dan obesitas. Inilah mengapa kita perlu banyak belajar dari cara mereka menjaga kesehatan.

Mengapa penting minum air?

Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, menjaga kesegaran air untuk mempertahankan kebugaran dalam tubuh merupakan hal yang penting.

Kekurangan air dapat memicu hal-hal yang berbahaya bagi tubuh. Dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan reheumatoid artritis, migrain, angina, radang usus, dispepsia, tekanan darah tinggi, obesitas, wasir, kanker payudara, TBC paru-paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Bagaimana cara perawatan dengan air putih?

Metode ini terbukti untuk menjaga tubuh dari kerusakan, haid tidak teratur, dan penyakit mata. Anda pun akan merasa segar sepanjang hari dengan mengikuti metode ini.

  • Minum kira-kira 160 ml air empat kali segera setelah Anda bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dalam keadaan perut kosong.
  • Jangan makan apa pun selama 45 menit ke depan.
  • Minum air 30 menit sebelum makan. Dan jangan minum air dua jam setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Jika Anda tidak dapat minum empat gelas air dalam kondisi perut kosong, Anda dapat menggantinya dengan satu gelas air secara bertahap hingga mencapai 640 ml. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda.

Dikutip dari Life Hack, inilah 8 manfaat yang akan Anda dapatkan setelah meminum air dalam kondisi perut kosong:

  1. Membersihkan racun dalam tubuh

Air membantu mendorong makanan ke usus. Pada malam hari, tubuh Anda melakukan perbaikan secara otomatis dan membuang racun ke luar dari tubuh. Ketika Anda minum air di pagi hari dalam keadaan perut kosong, secara tidak langsung Anda telah membilas racun-racun yang membahayakan bagi tubuh. Minum cukup air juga dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

  1. Meningkatkan metabolisme

Dengan minum air dalam kondisi perut kosong dapat meningkatkan metabolisme hingga 24 persen. Hal ini sangat penting bagi mereka yang sedang menerapkan diet ketat. Peningkatan metabolisme berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Ketika Anda minum air di pagi hari, Anda telah membuang seluruh racun dan melancarkan sistem pencernaan. Anda pun tidak akan merasa cepat lapar, yang dapat mencegah penambahan berat badan.

  1. Meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh kadar asam dalam lambung. Anda akan menderita mulas ketika kadar asam naik ke kerongkongan. Ketika Anda minum air, asam ini akan terdorong dan encer.

  1. Membuat kulit cerah dan berseri

Dehidrasi menyebabkan kulit kriput dan pori-pori melebar. Sebuah studi menyatakan bahwa dengan meminum 500 ml air dalam keadaan perut kosong, dapat meningkatkan aliran darag di kulit, sehingga kulit menjadi lebih bersinar. Dengan meminum banyak air sepanjang hari, artinya tubuh anda membuang banyak racun dari tubuh. Kulit Anda pun akan tampak berseri-seri.

  1. Membuat rambut tetap sehat, lurus, dan mengkilap

Tahukah Anda bahwa dehidrasi juga dapat menyebabkan kerusakan serius bagi rambut? Minum cukup air dapat menjaga rambut Anda luar dalam. Dalam satu helai rambut, terdapat seperempat air yang menyusunnya. Kekurangan air dapat membuat rambut menjadi rapuh dan tipis.

  1. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Fakta menyebutkan bahwa meminum air dalam keadaan perut kosong dapat mencairkan kadar asam yang dapat menyebabkan batu ginjal.

  1. Menguatkan sistem imun

Dengan minum air pada pagi hari, Anda telah menyeimbangkan sistem limpa, yang dapat meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat akan menjaga Anda dari serangan penyakit.

TAGS : Minum Air Kesehatan Tips sehat




TERPOPULER :