Senin, 24/09/2018 05:13 WIB

Milisi Syiah Gabung Pemerintah Irak Lawan ISIS

Milisi Syiah Irak siap meluncurkan serangan terhadap kelompok Islam radikal ISIS di bagian barat Mosul dalam waktu dekat.

Pasukan Irak khusus sedang menelusuri lorong terowongan yang digunakan ISIS di Bazwaia, Mosul, Irak (foto: Reuters)

Irak - Milisi Syi’ah Irak siap meluncurkan serangan terhadap kelompok Islam radikal ISIS di bagian barat Mosul dalam waktu dekat. Upaya ini dilakukan untuk menahan serangan teroris yang hendak masuk ke Suriah.

Juru bicara kelompok militer yang didukung Iran menyebut akan menyerbu kota Tal Afar yang kini dikuasai kelompok ISIS. Kota tersebut berjarak 55 kilometer (35 mil) di barat Mosul. “Akan kita lakukan dalam beberapa hari atau jam ke depan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (28/10).

Dengan bergabungnya milisi Syi’ah Irak, maka ISIS akan terkepung di Mosul, setelah sejumlah kelompok pro-pemerintah dan pasukan anti-Sunni garis keras bersatu mengusir kelompok tersebut dari Irak.

Sebelumnya, serbuan tentara Irak dan pejuang Kurdi yang dipimpin oleh serangan darat dan udara AS berhasil merebut Mosul bagian selatan, timur, dan utara. Wilayah tersebut kini digunakan sebagai basis untuk membangun serangan baru.

PBB mengungkapkan, hingga hari ini ISIS telah menculik 8.000 keluarga di Mosul yang digunakan sebagai perisai manusia. Seorang juru bicara juga mengatakan bahwa kelompok radikal ini telah membunuh 232 warga Mosul yang menolak mematuhi perintah mereka.

TAGS : Syiah Irak Milisi Syiah ISIS Islam radikal Mosul




TERPOPULER :