Rabu, 24/04/2024 08:58 WIB

LUAR NEGERI

Masjid Haji Ali Dargah Cabut Larangan Berkunjung Perempuan

Pada bulan Januari lalu, ratusan perempuan melakukan longmarch menggelar protes ke sebuah kuil di negara bagian Maharashtra menuju pengadilan tinggi Mumbai.

Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai, India./foto:youtube

Mumbai - Masjid Ali Dargah, sebuah masjid tekenal di Mumbai, India, telah mengambil kesepakatan untuk membatalkan larangan perempuan memasuki tempat suci setelah aturan tersebut dibawa ke pengadilan.

Pihak perwakilan, melalui pengacara dan lembaga persamaan hak wanita, telah mengajukan banding ke Mahkamah Agung atas putusan pengadilan yang lebih rendah pada bulan Agustus lalu, untuk membatalkan larangan tersebut. Menurut para pengacara dan aktivis persamaan hak, pelarangan itu disebut sebagai pelanggaran hak konstitusional kesetaraan.

"Kepercayaan telah memutuskan untuk memberikan akses bagi perempuan (berkunjung) ke Sanctorum makam orang suci itu," kata pengacara Gopal Subramanium di pengadilan, Senin (24/10) seperti dikutip dari aljazeera.

Sebuah kelompok hak asasi perempuan muslim memuji keputusan tersebut sebagai kemenangan, yang kemungkinan akan memberikan tekanan pada tempat-tempat ibadah lainnya yang memiliki batasan gender.

"Hal ini mengembalikan nilai-nilai Islam yang kita selalu percaya sebagai Muslim, bahwa Islam adalah agama kesetaraan, demokrasi dan hak-hak perempuan," ucap Noorjehan Niaz, dari Bharatiya Muslim Mahila Andolan, lembaga yang berkampanye untuk hak-hak perempuan Muslim di India, dikutip dari AFP.

Niaz juga salah satu pemohon yang mengajukan kasus terhadap kepercayaan Haji Ali Dargah dengan alasan konstitusional. Perempuan di India semakin mengintensifkan kampanyenya agar diberi izin untuk berkunjung ke sejumlah kuil Hindu dan tempat-tempat keagamaan lainnya.

Pada bulan Januari lalu, ratusan perempuan melakukan longmarch menggelar protes ke sebuah kuil di negara bagian Maharashtra. Mereka menuju pengadilan tinggi di Mumbai yang menetapkan larangan terhadap perempuan memasuki kuil di sana.

Masjid Haji Ali Dargah yang dibangun abad ke-15 itu sendiri, memiliki kepercayaan larangan terhadap perempuan untuk berkunjung sejak tahun 2011. Pihak pengelola bersikeras bahwa kehadiran perempuan di dekat makam orang suci yang dihormati adalah "dosa besar" dalam Islam.

Masjid yang terletak di sebuah pulau kecil ini merupakan salah satu landmark yang paling dikenal Mumbai, yang dikunjungi puluhan ribu orang tiap minggu. Pengunjung tidak hanya umat Islam, tetapi umat Hindu dan wisatawan. Masjid ini dibangun untuk mengenang seorang muslim kaya yang menyerahkan seluruh hartanya dan mengunjungi Mekkah.[]

KEYWORD :

jurnas mumbai india masjid haji ali dargah larangan berkunjung lembaga kesetaraan hak perempua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :