Selasa, 23/04/2024 23:44 WIB

Baju Besi era Renaisans Ditemukan setelah 40 Tahun Dicuriq

Dua bagian baju besi yang berasal dari era Renaisans Italia, akhirnya kembali ke Museum Louvre, Paris, Prancis setelah dicuri 40 tahun lalu.

Bagian baju besi yang dicuri dari Museum Louvre (Fot: BBC)

Paris, Jurnas.com - Dua bagian baju besi yang berasal dari era Renaisans Italia, akhirnya kembali ke Museum Louvre, Paris, Prancis setelah dicuri 40 tahun lalu.

Helm berhias dan pelindung dada ditemukan oleh seorang ahli militer di Bordeaux, dari koleksi seni sebuah keluarga. Polisi sedang menyelidiki bagaimana keluarga tersebut bisa mewarisi barang-barang itu.

Dibuat antara tahun 1560 dan 1580 di Milan, baju besi itu telah disumbangkan pada 1922 ke museum oleh keluarga Rothschild. Pencurian yang terjadi pada 31 Mei 1983 sampai saat ini masih menjadi misteri.

"Saya yakin kami akan melihat mereka muncul kembali suatu hari nanti. Tapi saya tidak pernah membayangkan bahwa itu akan berjalan dengan baik, bahwa mereka akan berada di Prancis dan masih bersama," kata Philippe Malgouyres, kepala kurator karya seni heritage di Louvre dikutip dari BBC pada Kamis (4/3).

Direktur museum, Jean-Luc Martinez, mengatakan benda-benda itu adalah objek yang sangat mengesankan.

"Ini adalah potongan yang sangat luar biasa yang menjadi milik koleksi Baroness de Rothschild dan disumbangkan ke Museum Louvre pada tahun 1922," katanya.

Kecurigaan atas pentingnya barang-barang itu muncul pada Januari, setelah juru lelang menyewa seorang ahli barang antik militer Prancis untuk menilai barang-barang yang diwarisi oleh keluarga Bordeaux.

Dia memberi tahu polisi, yang menemukan objek di database artefak Prancis yang hilang, yang memiliki lebih dari 100.000 objek terdaftar. Tahun lalu saja, 900 ditambahkan.

Sebagaimana diketahui, Louvre merupakan museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan sudah tidak asing lagi berurusan dengan benda-benda curian.

Pencurian paling terkenal ialah hilangnya lukisan Mona Lisa pada 1911 silam. Vincenzo Peruggia, seorang karyawan Louvre, semalaman bersembunyi di lemari untuk mengambil karya Leonardo da Vinci itu.

Lukisan fenomenal tersebut ditemukan dua tahun kemudian, ketika dia mencoba menjualnya ke dealer barang antik di Florence.

Martinez mengatakan pencurian terakhir di Louvre adalah lukisan kecil pada 1998 oleh seniman Prancis Jean-Baptiste-Camille Corot.

"Kami masih mencarinya," katanya.

KEYWORD :

Baju Besi Era Renaisans Museum Louvre Pencurian Lukisan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :