Kamis, 18/04/2024 12:22 WIB

Kementan Tingkatkan Kompetensi SDM Pertanian di Nganjuk, Komisi IV DPR Beri Dukungan Penuh

Untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional diperlukan SDM yang berkualitas, yaitu petani dan penyuluh pertanian.

Bimbingan teknis pengingkatan kapasitas petani dan penyuluh. (Foto: Ist)

Nganjuk, Jurnas.com -  Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) tingkatkan Kapasitas petani dan penyuluh pertanian di Nganjuk, Jawa Timur. Hal ini mendapatkan dukungan penuh dari Komisi IV DPR RI.

Anggota Komisi IV DPR RI, Guntur Sasono mengatakan pelatihan Pengolahan Pupuk Organik ini perlu diacungi jempol mengingat Kabupaten Nganjuk yang mempunyai potensi peternakan yang cukup besar.

“Faktor lingkungan harus menjadi pemikiran yang serius agar masyarakat tidak kena imbas dari polusi peternakan. Apalagi saat musim penghujan seperti sekarang, kotoran menjadi masalah tersendiri, oleh karena pengolahan pupuk organik menjadi jalan keluar disamping lingkungan terpelihara, ada nilai tambah oleh para petani/peternak”, Papar Guntur, Sabtu (27/02).

100 orang peserta Petani dan Penyuluh antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu ini. Suroso, ketua kelompok tani Makmur Baron yang merupakan salah satu penerima Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) mengutarakan rasa syukurnya telah diberikan pelatihan ini.

Menurutnya ini juga merupakan buah karya dan kepedulian wakil rakyat di Komisi IV DPR RI. “Pelatihan sangat bermanfaat untuk kelompok tani Makmur Baron khususnya dan semua petani dan penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Nganjuk pada umumnya”, ungkapnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional diperlukan SDM yang berkualitas, yaitu petani dan penyuluh pertanian.

“Sebagai garda terdepan pembangunan pertanian Petani harus didampingi penyuluh pertanian, oleh karena itu penyuluh harus memiliki keterampilan mumpuni guna memenuhi kebutuhan pangan rakyat, ujar Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan melalui kegiatan ini akan meningkatkan kualitas sumberdaya petani dan penyuluh yang selanjutnya berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian.

“SDM yang berkualitas akan beroengaruh pada hasil produksi dan produktivitasnya. Tentunya membangun SDM pertanian juga tidak terlepas dari pembanguan dalam berbagai aspek strategis termasuk aspek ekonomi, sosial, dan ekologi. Harapan dengan diberikan pelatihan seperti ini kapasitas Petani dan Penyuluh di Nganjuk semakin meningkat”, terang Dedi.

KEYWORD :

Komisi IV SDM Pertanian Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :