Rabu, 24/04/2024 19:14 WIB

Legenda Musik Bob Dylan Disebut Sombong

Pada Selasa lalu, informasi terkait penghargaan hadiah Nobel Sastra juga telah dihapus dari situs resmi Bob Dylan.

Bob Dylan (Billboard.com)

Bob Dylan (75) disebut sombong oleh anggota senior akademi Swedia ketika mengacuhkan penghargaan Nobel Sastra 2016 yang diraihnya. Ia seakan tidak butuh penghargaan itu.

Ketika diumumkan sebagai pemenang Nobel Sastra pekan lalu, legenda musik keturunan Yahudi ini belum menyatakan sikapnya di hadapan publik.

Berulangkali dihubungi oleh panitia, penyanyi asal Amerika Serikat itu tidak memberikan tanggapan. Saat ditanyai media, pria terlahir dengan nama Robert Allen Zimmerman ini juga tidak berkomentar apapun terkait penghargaan itu.

Pada Selasa lalu, informasi terkait penghargaan hadiah Nobel Sastra yang diterimanya juga telah dihapus dari situs resmi miliknya.

Anggota akademi Swedia, Per Wastberg tidak terkejut dengan sikap Dylan yang mengabaikan pemberitaan terkait hadiah Nobel itu.

"Kami menyadari dia tidak suka tampil di atas panggung," katanya kepada surat kabar Dagens Nyheter Swedia.

Sejauh ini belum diketahui apakah Dylan akan melakukan perjalanan ke Stockhlom, Swedia, untuk menerima penghargaan itu pada 10 Desember nanti. Jika dia tidak menghadirinya, menurut Wastberg, upacara pemberian hadiah Nobel terhadap Dylan tetap akan digelar.

Pada 2012, ia menjadi salah satu tokoh sipil yang dianugerahi gelar dan tanda kehormatan tertinggi di Amerika Serikat, Medal of Freedom.

Seperti diwartakan BBC, sejumlah peraih Nobel sebelumnya juga pernah tidak datang pemberian hadiah, seperti Elfriede Jelinek pada 2004 karena sejumlah alasan. Sementara, Harold Pinter dan Alice Munro tidak menghadiri upacara serupa karena alasan kesehatan.

Adapun sastrawan Boris Pasternak menolak Hadiah Nobel sastra pada 1958 karena tekanan rezim Soviet, dan pada 1964 sikap penolakan ditunjukkan juga filsuf Jean-Paul Sartre.

Dalam perjalanan karir musiknya, Dylan telah menerima sejumlah penghargaan, di antaranya penghargaan kehormatan Pulitzer, Polar Music dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf.

 

 

 

KEYWORD :

Bob Dylan Nobel Sastra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :