Jum'at, 19/04/2024 10:22 WIB

Kementan Dukung Pengembangan SDM di Kabupaten Siak

Kegiatan Bimtek berkerja sama dengan Komisi IV DPR-RI dipusatkan di Kafe Walet, Kecamatan Dayun.

Bimtek bagi petani dan penyuluh di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, Jumat (26/2)

Siak, Jurnas.com  - Pengembangan sumber daya manusia (SDM) pertanian menjadi perhatian khusus Kementerian Pertanian. Untuk menjawab tersebut Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Bapeltan Jambi, salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani dan peyuluh di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Jumat (26/2).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo  kerap mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan Nasional, diperlukan SDM yang berkualitas. Terutama penyuluh sebagai garda terdepan.

“Pertanian sangat penting dalam situasi apapun. Kalau perang, meskipun senjata canggih didukung prajurit terampil tidak ada artinya kalau perut kosong. Petani didampingi penyuluh harus memiliki keterampilan mumpuni guna memenuhi kebutuhan pangan rakyat,” tegas Mentan Syahrul.

Sementara itu, Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi berharap melalui kegiatan bimbingan teknis ini akan ada peningkatan kualitas sumberdaya petani dan penyuluh yang selanjutnya berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian.

Kegiatan Bimtek berkerja sama dengan Komisi IV DPR-RI dipusatkan di Kafe Walet, Kecamatan Dayun.

Hadir pada acara tersebut Kepala Bapeltan Jambi, Dinas Pertanian Kabupaten Siak yang di wakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kasi Trantib Kecamatan Dayun, owner Usaha Agribisnis Purwo Farm, serta 70 orang peserta bimtek yang terdiri dari petani milenial dan penyuluh Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.
 
Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy mengungkapkan SDM pertanian akan mampu menjawab tantangan di masa pandemi ini.

“Dengan kerja bersama Kementan dan Komisi IV DPR RI terus memperjuangkan dunia pertanian salah satunya dengan kegiatan bimtek ini. Bapeltan juga berencana membangun P4S di Kabupaten Siak.

"Dengan begitu Kelompok tani dan gapoktan diharapkan bisa membangun kelembagaan ekonomi petani melalui korporasi. Petani milenial diwajibkan memiliki 1 unit usaha dan diharapkan mampu menjawab tantangan di masa pandemi,” ujar Zahron.
 
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Siak, Suwandi mengapresiasi kegiatan bimtek ini. "Terima kasih dan apresiasi kepada komisi IV DPR RI dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas pelaksanaan Bimtek di Kabupaten Siak," ujar dia

KEYWORD :

Kementan Dedi Nursyamsi SDM Pertanian Kabupaten Siak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :