Jum'at, 19/04/2024 22:15 WIB

Terungkap Putra Mahkota Saudi Setujui Pembunuhan Khashoggi

Pembunuhan itu juga sesuai dengan pola dukungan Putra Mahkota karena menggunakan tindakan kekerasan untuk membungkam para pembangkang di luar negeri.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Washington, Jurnas.com - Sebuah laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang dipublikasikan Jumat (26/2) mengatakan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman "menyetujui" pembunuhan mengerikan terhadap jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi.

Pangeran, yang secara de facto adalah penguasa Arab Saudi dan akan mengambil alih dari Raja Salman yang sakit, "menyetujui operasi di Istanbul, Turki untuk menangkap atau membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi," kata laporan itu.

Laporan intelijen mengatakan, mengingat pengaruh Pangeran Mohammed, "sangat tidak mungkin" pembunuhan 2018 bisa terjadi tanpa lampu hijaunya. Pembunuhan itu juga sesuai dengan pola dukungan Putra Mahkota karena menggunakan tindakan kekerasan untuk membungkam para pembangkang di luar negeri.

Khashoggi, seorang kritikus Pangeran Mohammed yang menulis untuk The Washington Post dan merupakan penduduk AS, dibujuk ke konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018, kemudian dibunuh dan dipotong-potong.

Washington diperkirakan secara luas akan menjatuhkan sanksi baru kepada orang-orang Saudi yang dianggap terkait dengan pangeran - meskipun tidak secara langsung terhadap Pangeran Mohammed sendiri. Dia secara luas menerima tanggung jawab Arab Saudi tetapi menyangkal keterlibatan pribadi apa pun.

Presiden AS Joe Biden memerintahkan versi laporan yang tidak diklasifikasikan pertama kali diselesaikan di bawah pendahulunya Donald Trump  untuk dirilis sebagai bagian dari pengaturan ulang di mana Washington menjauhkan diri dari Pangeran Mohammed.

Ini terjadi setelah panggilan telepon pertama antara Biden dan Raja Salman Kamis malam, ketika Gedung Putih menjelaskan bahwa Biden tidak berniat berbicara dengan putra mahkota berusia 35 tahun itu.

Gedung Putih mengatakan bahwa Biden dan raja berusia 85 tahun itu menekankan hubungan keamanan negara dan "komitmen AS untuk membantu Arab Saudi mempertahankan wilayahnya saat menghadapi serangan dari kelompok-kelompok yang berpihak pada Iran."

Namun, dalam pergeseran dari era Trump, Biden juga menegaskan pentingnya AS menempatkan hak asasi manusia universal dan supremasi hukum.

Seorang jurnalis dan editor veteran Saudi, Khashoggi berada di pengasingan diri dan tinggal di Amerika Serikat, menulis artikel yang mengkritik putra mahkota ketika dia dibunuh pada 2 Oktober 2018.

Penulis telah diberitahu oleh duta besar Arab Saudi untuk As untuk pergi ke konsulat Saudi di Istanbul jika dia ingin mendapatkan dokumen untuk pernikahannya yang akan datang dengan seorang wanita Turki, Hatice Cengiz.

Di sana, pria berusia 59 tahun itu dibunuh dan tubuhnya dipotong-potong oleh tim yang dikirim dari Riyadh di bawah arahan seorang pembantu utama Pangeran Mohammed, Saud al-Qahtani.

Hanya satu bulan setelah pembunuhan itu, Badan Intelijen Pusat AS menyimpulkan dengan keyakinan tinggi bahwa Pangeran Mohammed telah memerintahkan pembunuhan tersebut, menurut The Washington Post.

Namun, bertekad untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan Riyadh, Trump menolak secara terbuka meminta pertanggungjawaban orang kuat Saudi itu, bahkan ketika pemerintah AS menuntut para pelakunya dihukum.

Laporan intelijen yang diterbitkan menegaskan bahwa 15 orang yang dikirim untuk menargetkan Khashoggi di Turki termasuk anggota "detail perlindungan pribadi elit" Pangeran Mohammed, Pasukan Intervensi Cepat.

Menurut The Washington Post, intelijen AS juga menemukan panggilan telepon dari Pangeran Mohammed kepada saudaranya Khalid bin Salman, duta besar Saudi untuk Amerika Serikat, di mana Pangeran Mohammed memberikan instruksi untuk memikat Khashoggi ke Istanbul.

Bukti lain adalah rekaman pembunuhan yang diperoleh intelijen Turki dari dalam konsulat Istanbul. Ini membantu mengidentifikasi peserta dan menunjukkan komunikasi antara mereka dan Riyadh.

Beberapa pengamat Arab Saudi percaya pembunuhan itu bisa terjadi tanpa sepengetahuan Pangeran Mohammed, seorang pria kuat yang telah memenjarakan sejumlah kritikus dan mengurung faksi-faksi yang bersaing di keluarga kerajaan.

Di bawah tekanan berat dari As dan komunitas internasional, pemerintah Saudi mengadili beberapa pelakunya.

Sidang tertutup tersebut membebaskan dua pejabat yang secara luas dianggap sebagai dalang: Qahtani, penasihat media istana kerajaan, dan wakil kepala intelijen Ahmad al-Assiri. Keduanya adalah bagian dari lingkaran dalam Pangeran Mohammed.

Lima terdakwa yang tidak disebutkan namanya dijatuhi hukuman mati dan tiga lainnya dijatuhi hukuman penjara yang berat. Sembilan bulan kemudian, hukuman mati dicabut oleh pengadilan dan diganti dengan hukuman hingga 20 tahun.

Amnesty International dan Reporters Without Borders mencap kasus itu sebagai "parodi keadilan".

Tetapi itu meredakan pemerintahan Trump, yang tindakan utamanya adalah menempatkan 17 tersangka dalam kasus tersebut, termasuk Qahtani tetapi bukan Assiri, dalam daftar hitam sanksinya. (AFP)

KEYWORD :

Putra Mahkota Arab Intelijen Amerika Serikat Jamal Khashoggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :