Jum'at, 19/04/2024 10:28 WIB

Mengatasi Kebiasaan Sulit Tidur

Tidur merupakan salah satu bagian penting dari siklus kehidupan manusia. Tidur yang nyaman dapat menyegarkan pikiran dan jiwa seseorang

ilustrasi tidur

Jakarta - Tidur merupakan salah satu bagian penting dari siklus kehidupan manusia. Tidur yang nyaman dapat menyegarkan pikiran dan jiwa seseorang. Selama tidur, anda membiarkan otot-otot untuk bersantai setelah bekerja keras sepanjang hari, dan memberi waktu istirahat untuk memperbaiki dan menyegarkannya kembali.

Setiap orang memiliki pola yang berbeda dan periode waktu tidur yang bervariasi. Untuk anak-anak, waktu yang ideal untuk tidur adalah sekitar 10 jam, sedangkan untuk orang dewasa itu adalah 8 jam. Tidur dalam waktu yang lebih singkat dapat menyebabkan sakit kepala dan kegelisahan.

Konsentrasi dan kesegaran sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur Anda. Kurangnya tidur dapat menyebabkan masalah berat seperti depresi, kecemasan, kelelahan, kenaikan berat badan, serta dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidur sangat penting dan tidak boleh dianggap enteng.

Dilansir dari Islamic Life, inilah beberapa tips agar anda dapat tidur lebih cepat:

#1 Aturlah waktu aktivitas kerja
Bekerjalah hanya untuk waktu tertentu. Jangan bekerja selama seharian full. Dewasa ini, demi mendapatkan hal-hal yang diinginkan, orang-orang rela bekerja selama berjam-jam di malam hari. Tahukah Anda bahwa terlalu banyak pekerjaan akan membuat seseorang susah mengatur jadwal tidurnya akibat adanya tekanan dan stress yang dialaminya. Jadi dengan mengatur waktu kerja akan membuat Anda bisa tidur lebih cepat.

#2 Lakukan persiapan sebelum tidur
Sebelum Anda tidur, ada baiknya melakukan hal-hal seperti mandi air hangat sekitar 90 menit. Ini karena suhu badan setelah bekerja akan meningkat. Selain mandi menggunakan air hangtlat, Anda mungkin bisa mencuci wajah, gosok gigi, berbicara dengan anggota keluarga, membersihkan tempat tidur dan melakukan apa yang paling Anda sukai, seperti mendengarkan musik, menonton film favorit, atau membaca buku. Hal ini akan membuat Anda lebih cepat tidur.

#3 Minum susu
Tahukan Anda bahwa minum susu juga dapat meningkatkan kualitas tidur? Sebuah kelezatan susu akan membuat seseorang untuk tertidur lebih cepat. Jadi ketika Anda susah tidur, maka dengan meminum susu akan membuat Anda tertidur dengan cepat.

#4 Matikan lampu dan semua peralatan
Ada banyak orang yang susah tertidur saat lampu ruangan masih menyala. Kadang-kadang saat menonton televisi malah merangsang pikiran dan membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak. Tidur yang tidak nyenyak adalah akar banyak masalah. Jadi hindari melakukan hal tersebut. Matikan semua lampu dan peralatan untuk sebuah tidur yang nyenyak dan bebas dari ketegangan. Kegelapan di sekitar Anda akan membantu pikiran lebih rileks.

#5 Hindari mengkonsumsi kafein dan berolahraga sebelum tidur
Jika Anda tidak ingin sulit tidur, maka jangan minum kopi. Ketahuilah bahwa kafein adalah musuh tidur. Kafein akan tetap aktif hingga 10 jam, sehingga seseorang akan sulit untuk tidur cepat. Hindari juga olahraga sebelum tidur. Hal ini merangsang Anda untuk tetap terjaga.

Jika anda belum bisa tidur selama beberapa hari atau menderita gangguan tidur serius, konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang tepat dapat membantu anda tidur lebih baik.

KEYWORD :

Sulit Tidur Mengantuk Insomnia Jurnas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :