Rabu, 17/04/2024 03:41 WIB

Tips

Ini Alasan Mobil Harus Rutin Spooring dan Balancing

Bagi Anda yang beraktivitas menggunakan mobil dan kerap melewati jalanan rusak. Disarankan untuk rutin periksa kondisi bagian roda dan ban. Kenapa?

Spooring dan Balancing / Rafa

Bekasi – Bagi Anda yang beraktivitas menggunakan mobil dan kerap melewati jalanan rusak, seperti bergelombang dan berlubang, disarankan untuk rutin periksa kondisi bagian roda dan ban. Kenapa?

Sebab tanpa kita sadari lama-kelamaan akan menimbulkan masalah pada bagian kaki-kaki mobil. Dan ini sangat membahayakan keselamatan diri Anda dan penumpang di dalamnya.

Untuk diketahui, roda yang terdiri pelek dan ban adalah bagian terpenting dari kendaraan. Tanpa komponen tersebut mustahil sebuah mobil dapat melaju di jalanan. Nah, salah satu perawatan agar mobil tetap nyaman dan aman selama dikendarai adalah dengan melakukan spooring dan balancing secara berkala.

Anto, Kepala Mekanik Bengkel mobil di kawasan Galaxy, Bekasi, menjelaskan, bahwa kondisi jalanan yang rusak dapat berdampak pada kinerja bagian roda.

“Mobil yang sering melewati jalanan rusak lambat laun bakal mempengaruhi kinerja pada bagian kaki-kaki mobil,” ucapnya kepada Jurnas.com, di Bekasi, Jumat (21/10).

Seringnya terjadi benturan langsung di bagian roda, kata Anto, bisa dirasakan ketika sedang berkendara. Hal itu ditandai dengan gejala, seperti setir bergetar ketika sedang melaju, terdengar bunyi-bunyi di bagian roda, laju kendaraaan tidak stabil serta setir membuang ke kiri dan ke kanan.

“Jika hal ini terjadi, saya sarankan segera lakukan perawatan spooring dan balancing,” papar pria yang pernah menjadi mekanik tim balap mobil itu.

Saat ditanya kenapa spooring dan balancing harus dilakukan secara bersamaan? Anto menjelaskan, jika terkena impact dari benturan pada bagian roda, terkadang ban akan melendung atau velg peyang. Bahkan secara tidak langsung ini juga akan menimbulkan pergeseran di sumbu kemudi.

“Jadi keduanya dilakukan supaya nanti jalannya lebih perfect, getarannya berkurang, dan aus pada ban menjadi rata dan kemudi akan lurus lagi,” ucap dia.

Lebih lanjut langkah ini menurut Anto, perlu dilakukan sebab semuanya akan kembali lagi kepada faktor keselamatan dalam berkendara.

“Kesimpulannya kinerja mesin yang baik dan kenyamanan berkendara pastinya diharapkan oleh semua pemakai kendaraan,” pungkas pria 38 tahun ini. [rafa]

KEYWORD :

Roda Mobil Velg Ban Spooring Balancing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :