Kamis, 25/04/2024 06:36 WIB

GeNose Diharapkan Percepat Pemulihan Pariwisata RI

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyebut sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Penampakan GeNose, alat pendeteksi Covid-19 lewat embusan napas karya UGM (Foto: Kemristek/BRIN)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyebut sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Karena itu, dia berharap alat skrining karya anak bangsa, GeNose, dapat memulihkan sektor pariwisata dan mobilitas masyarakat.

Menurut Menristek, idealnya GeNose ditempatkan selain di stasiun, terminal, dan bandara, juga di tempat wisata, pabrik, gedung perkantoran, dan tempat umum seperti pasar, dan mall.

"Mobilitas orang tentunya tetap harus mengikuti protokol kesehatan, tetapi GeNose harapannya dapat membantu mobilitas yang mengikuti protokol kesehatan ini bisa lebih bergerak, memulai upaya pemulihan ekonomi. Istilahnya adalah upaya kecil untuk sesuatu yang besar, kita butuh sesuatu untuk pemulihan ekonomi," jelas Menristek/Kepala BRIN pada Jumat (19/2) di Jakarta.

Menteri Bambang berharap GeNose C19 sebagai produk dan inovasi Indonesia dapat menjadi dan memenuhi standar global sehingga dapat menembus pasar ekspor.

Sementara itu Chairman of Indonesia Tourism Forum Sapta Nirwanda menyambut baik adanya GeNose C19, dan memastikan insan pariwisata siap mendukung serta mempromosikan atas produk inovasi Indonesia

“Nantinya akan ditandatangani nota dukungan secara nyata dan konkret, kita bangga produk Indonesia, kita gunakan, kita juga harap mampu menjadi produk yang diekspor, kita sukseskan ini menjadi inovasi Indonesia," ujar Sapta Nirwanda.

Kementerian Perdagangan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan yang paling penting selain kegunaan GeNose C19 dalam tes skrining mendukung kembalinya geliat pariwisata adalah terkait BBI (Bangga Buatan Indonesia).

"Hal ini menunjukan bahwa kita juga bisa memakai produk kita, kami lihat juga bisa dipakai di luar negeri dan saya pikir ini potensi ekspor. Kami di Kementerian Perdagangan mendukung, kebetulan kami ada Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, dimana produk-produk itu kita identifikasi dilihat mana yang bisa dan mempunyai demand yang cukup tinggi," tutur Wamen Jerry Sambuaga.

KEYWORD :

Menristek Kepala BRIN GeNose Alat Skrining Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :