Jum'at, 19/04/2024 10:44 WIB

IKAPPI Diharapkan Wujudkan Pasar Bebas Covid-19

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) diharapkan dapat mewujudkan pasar yang bebas dari Covid-19. Caranya,  dengan mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dalam  waktu dekat ini akan dilakukan pemerintah.

Anggota DPD RI, Jihan Nurlela saat melakukan pelantikan terhadap Jajaran Pengurus DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (11/2).

Lampung, Jurnas.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) diharapkan dapat mewujudkan pasar yang bebas dari Covid-19. Caranya,  dengan mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dalam  waktu dekat ini akan dilakukan pemerintah.

Hal itu sebagaimana diutarakan Anggota DPD RI asal Lampung, Jihan Nurlela saat melakukan pelantikan terhadap Jajaran Pengurus DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (11/2).

"Salah satu ikhtiar pemerintah dalam menangani Covid-19 yang sedang melanda negara kita tercinta ini, adalah dengan menggalakan program vaksinasi Covid-19. Agar terlaksana dengan baik, tentunya butuh kerjasama dari berbagai elemen, kita harus menjadi salah satunya. Dengan menurunnya angka Covid - 19, kita wujudkan pasar menjadi lokasi yang aman dari penularan. Kita wujudkan pasar sebagai tempat yang aman, agar ekonomi kembali bergeliat,” terangnya.

Senator cantik ini juga tetap konsisten dalam menyampaikan betapa pentingnya pelaksanaan dari program Vaksinasi Covid-19. Ia menganjurkan agar keluarga besar IKAPPI siap hadir dalam suksesi program vaksinasi tersebut.

Lebih lanjut, Ketua DPW IKAPPI Provinsi Lampung ini menyampaikan, kepada 25 orang pengurus yang telah dilantik diharapkan senantiasa berkomitmen dalam menghidupkan organisasi dan memberikan kontribusi nyata pada kemajuan pasar menuju ke arah yang lebih baik.

“Formasi kepengurusan DPD IKAPPI Lampung Tengah ini beragam, mulai dari para praktisi dan pegiat pasar, perwakilan lawyer, perwakilan pemerintah, dan unsur dari masyarakat sipil. Dengan sumber daya manusia yang memadai tersebut, saya mengharapkan kolaborasi dari setiap unsurnya agar selain menghidupkan organisasi untuk terus aktif, juga tentunya senantiasa mengakomodir permasalahan-permasalahan di pasar termasuk tetap berjalan beriringan dengan para pedagangnya,” terangnya.

“Dalam kerja-kerja organisasi IKAPPI ini, tentunya kita tidak bisa berjalan sendirian. Maka dari itu, saya juga berharap agar para pengurus tetap menjalin silaturahim dan kemitraan dengan semua dinas yang terkait, membangun sinergitas dan turut hadir serta bekerja sama dalam menyukseskan program – program pemerintah yang berkaitan dengan pasar,” sambungnya. 

Dalam pelantikan ini, hadir juga Sekertaris Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Tengah. Pada sambutannya, M. Husnan Tamrin mengucapkan selamat serta mengapresiasi adanya IKAPPI di wilayah kerja kedinasannya ini.

Dia berharap, keberadaan IKAPPI dapat menjaga eksistensi pasar tradisional sebagai ujung tombak perekonomian daerah.

“Saya menyimak apa yang disampaikan Bu Jihan, dan saya setuju bahwa pasar tradisional adalah ujung tombak perekonomian, yang dimasa pandemi ini, perekonomian kita terus mengalami penurunan dari masa sebelumnya. Namun demikian, meski dengan kondisi seperti ini, pasar tetap menunjukan perannya. Salah satu buktinya terletak pada PAD kami yang ditargetkan dari pengelolaan pasar di wilayah Lampung Tengah, yang menunjukkan tidak mengalami penurunan yang signifikan di masa pandemi ini. Dari PAD Tahun 2021 tercapai 2,1 Milyar dari target 1,8 Milyar,” paparnya.

Husnan Tamrin berharap, di masa mendatang IKAPPI dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, khususnya Dinas Perdagangan untuk mewujudkan pasar tradisional yang lebih representativ. 

“Kiranya Pemda khususnya dinas perdagangan bersama IKAPPI dapat bersinergi untuk sama – sama meciptakan pasar tradisional yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan, sehingga layak disebut sebagai pasar tradisional yang representativ. IKAPPI punya manajemen pengelolaan, kita menyediakan sarana dan prasarana untuk memfasilitasinya. Hal seperti ini kedepan yang ingin saya wujudkan bersama - sama,” tandasnya. 

KEYWORD :

Warta DPD Lampung IKAPPI Covid-19 Jihan Nurlela Pasar Tradisional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :