Jum'at, 19/04/2024 18:38 WIB

Joe Biden Umumkan Sanksi Pemimpin Militer Myanmar

Pernyataan Biden itu juga muncul setelah kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperingatkan blok itu dapat menjatuhkan sanksi baru pada militer Myanmar.

Aparat kepolisian Myanmar melakukan penjagaan di Naypyidaw, Myanmar, 29 Januari 2021. (THET AUNG/AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengumumkan sanksi terhadap para pemimpin militer Myanmar dan menuntut mereka melepaskan kekuasaan.

Sanksi itu diumumkan setelah puluhan ribu orang turun ke jalan di kota terbesar di negara Asia Tenggara itu selama lima hari berturut-turut menuntut kembali ke demokrasi Myanmar.

Dilasnir dari AFP, Biden mengatakan pemerintahannya memutus akses para jenderal Myanmar ke dana US$ 1 miliar di AS dan akan segera mengungkap sanksi baru.

"Saya kembali menyerukan kepada militer Burma untuk segera membebaskan para pemimpin dan aktivis politik demokratis yang sekarang mereka tangkap termasuk Aung San Suu Kyi dan juga Presiden Win Myint," kata Biden pada Rabu (10/2).

Pernyataan Biden itu juga muncul setelah kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperingatkan blok itu dapat menjatuhkan sanksi baru pada militer Myanmar, tetapi mengatakan tindakan apa pun harus ditargetkan untuk menghindari memukul populasi yang lebih luas.

"AS akan bekerja dengan mitra internasional kami untuk mendesak negara lain untuk bergabung dengan kami dalam upaya ini," kata Biden.

Unjuk kekuatan yang populer di Yangon, yang menentang larangan protes di bekas ibu kota Myanmar, menyaksikan kerumunan orang berkerumun di seluruh kota dan menyerukan pembebasan Aung San Suu Kyi menyusul penggulingannya dalam kudeta pekan lalu.

Para pengunjuk rasa menghadapi polisi sehari setelah pihak berwenang membubarkan kerumunan di tempat lain dengan gas air mata dan peluru karet, dan meningkatkan pelecehan mereka terhadap partai pemimpin yang digulingkan itu.

Peningkatan kekuatan yang tiba-tiba terhadap demonstrasi yang melanda negara itu memicu sorak-sorai kecaman internasional setelah petugas melepaskan tembakan langsung pada satu demonstrasi di Naypyidaw, yang telah menjadi ibu kota sejak 2005.

 

Dua orang terluka parah dalam insiden Naypyidaw, termasuk seorang wanita yang ditembak di kepala.

Gambar yang menggambarkan seorang ditembak pada Rabu muncul di spanduk protes besar dan telah dibagikan secara luas secara online di samping ekspresi kesedihan dan kemarahan.

"Mereka bisa menembak seorang wanita muda tetapi mereka tidak bisa mencuri harapan dan ketetapan hati orang-orang yang bertekad," pelapor khusus PBB Tom Andrews tweeted pada hari Rabu.

Massa besar-besaran kembali ke jalan-jalan Yangon pada hari Rabu, di mana sehari sebelumnya mereka berhadapan dengan barisan polisi anti huru hara yang berdiri di samping truk meriam air dekat kediaman Aung San Suu Kyi.

Lebih banyak politisi dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi ditahan Selasa bersama dengan 30 orang lainnya - termasuk seorang jurnalis dari penyiar lokal DVB - pada sebuah protes di Mandalay, kata kelompok pemantau Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Penangkapan mereka di Yangon terjadi ketika polisi menembakkan gas air mata ke pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera NLD merah.

Media pemerintah melaporkan massa telah melemparkan benda-benda ke polisi dan melukai empat petugas - protes langsung pertama yang disebutkan sejak dimulai pada akhir pekan.

"Oleh karena itu, anggota polisi membubarkan diri sesuai dengan metode dan hukum," lapor surat kabar Global New Light of Myanmar, tanpa menyebutkan konfrontasi polisi lainnya di tempat lain di negara itu.

Ratusan pengunjuk rasa di Mandalay tidak terpengaruh hari Rabu, kembali ke jalan membawa tanda-tanda yang bertuliskan "Ganyang kediktatoran.

Di tempat lain, disiplin pasukan keamanan tampaknya runtuh, dengan empat petugas membelot dari barisan mereka di kota timur Loikaw untuk bergabung dalam protes anti-kudeta, menurut laporan media lokal.

Tentara menggerebek markas NLD di Yangon setelah malam tiba, tetapi anggota partai Soe Win mengatakan kepada AFP bahwa rekan-rekannya dicegah untuk ikut campur karena jam malam yang diberlakukan di kota itu.

Keesokan paginya dia tiba di tempat kejadian dan menemukan kunci pintu rusak, peralatan komputer hilang, kabel server terputus dan dokumen bank diambil dari brankas.

KEYWORD :

Joe Biden Sanksi Amerika Serikat Militer Myanmar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :