Sabtu, 20/04/2024 19:48 WIB

Wartawan Dicueki saat WHO Berkunjung ke Lokasi Asal Covid-19

Tim ahli independen menghabiskan sekitar 4,5 jam dalam kunjungan tersebut, setelah menyelesaikan karantina selama dua minggu. Tim tidak berbicara sedikitpun dengan para awak media yang telah menunggu.

Tim independen WHO berkunjung ke Wuhan, China (Foto: Reuters)

Wuhan, Jurnas.com - Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19 mengunjungi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Senin (1/2) pagi. Wuhan merupakan lokasi awal kemunculan Covid-19 pada akhir 2019.

Tim ahli independen menghabiskan sekitar 4,5 jam dalam kunjungan tersebut, setelah menyelesaikan karantina selama dua minggu. Menurut laporan Reuters, tim tidak berbicara sedikitpun dengan para awak media yang telah menunggu.

WHO mengatakan selama kunjungan yang difasilitasi oleh pemerintah China, anggotanya dibatasi dan tidak memiliki kontak dengan anggota komunitas, karena pembatasan kesehatan.

Sejauh ini tim telah mengunjungi rumah sakit tempat kasus awal terdeteksi, pasar, dan pameran tentang pertempuran melawan wabah di ibu kota provinsi Wuhan. Tidak ada rencana perjalanan lengkap. Jurnalis yang meliput kunjungan juga dijauhkan dari anggota tim.

Yanzhong Huang, rekan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri di Washington, mengatakan dua minggu di lapangan bukanlah banyak waktu bagi para ahli.

"Saya tidak berpikir mereka punya waktu untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan. Ini lebih seperti komunikasi dan pertukaran informasi," kata Huang sebelumnya.

"Itu tergantung seberapa rajin mereka menggali informasi baru, tetapi juga tentang seberapa kooperatif dan akomodatif pihak China nantinya," sambung dia.

Beijing selalu menepis anggapan bahwa virus corona baru berasal dari China. Hipotesis itu muncul lagi dalam tabloid Global Times milik Partai Komunis edisi Minggu (31/1).

KEYWORD :

WHO Wartawan Covid-19 China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :