Sabtu, 20/04/2024 16:07 WIB

Korsel "Hidupkan" Penyanyi yang Meninggal 25 Tahun Lalu

Korea Selatan (Korsel) berhasil `menghidupkan` kembali penyanyi folk rock Kim Kwang-seok, yang telah meninggal hampir 25 tahun lalu.

Penyanyi Korea Selatan Kim Kwang-seok (Foto: Soompi)

Seoul, Jurnas.com - Korea Selatan (Korsel) berhasil `menghidupkan` kembali penyanyi folk rock Kim Kwang-seok, yang telah meninggal hampir 25 tahun lalu.

Berkat teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), Singing Voice Synthesis mempelajari 20 lagu Kim berdasarkan sebuah alat yang berisi lebih dari 700 lagu Korea demi meningkatkan akurasi.

Hasilnya, sistem tersebut dapat meniru lagu baru dengan gaya suara Kim. Perusahaan AI Supertone menyebut telah menciptakan kembali suara penyanyi yang sudah meninggal itu.

Dalam sebuah acara televisi yang ditayangkan pada Jumat (29/1) oleh SBS, suara mendiang Kim digunakan untuk membawakan lagu `I miss you`, sebuah balada yang dirilis pada 2002 oleh penyanyi terkenal Kim Bum-soo.

"Yang paling kami pedulikan dan khawatirkan adalah meminta izin keluarga Kim," kata produser acara Kim Min-ji dikutip dari Reuters.

"Tapi saat kami memutar audio AI untuk keluarganya, mereka sangat senang. Awalnya mereka waspada, tapi setelah mendengarkan hasilnya, mereka mengatakan Kim Kwang-seok kembali hidup-hidup," tambah dia.

Kepala Produser Acara Nam Sang-moon menjelaskan, agar terdengar akurat, penting agar suara dan penampilannya saling terhubung.

"Ini tentang menyanyikan lagu dengan emosi. Dan setiap nada harus terhubung secara alami, sehingga emosi dapat disampaikan, yang merupakan poin kunci dari teknologi. Para pengembang melatih AI untuk meniru organ vokal manusia," kata Nam.

KEYWORD :

Korea Selatan Kim Kwang-seok Kecerdasan Buatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :