Jum'at, 26/04/2024 05:20 WIB

Politikus PKB Ajak Kemenkeu ke Jalan yang Benar

Pemangkasan anggaran Kementan tidak konsisten dengan upaya penangan pangan pemerintah selama krisis pandemi virus corona (COVID-19) dan masa-masa yang akan datang.

Anggota Komisi IV DPR RI, Lulu Nur Hamidah (Foto: Kristian Erdianto)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR RI, Lulu Nur Hamidah mengajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kembali ke jalan benar usai memangkas anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 6,33 triliun.

Kementan mengalami refocusing sebesar Rp 6,33 triliun berdasarkan Surat Kementerian Keuangan Nomor 30/MK.02/2021 tanggal 12 Januari 2021, sehingga pagu anggaran 2021 setelah refocusing adalah sebesar Rp 15,51 triliun. Sebelumnya anggaran Kementan sebesar sebesar Rp21,84 triliun.

"Saya kira penting ya Kemenkeu kembali ke jalan kebenaran. Menurut saya, kalau mau refocusing tolong diliat kementerian lain yang tidak terkait langasung dengan pemenuhan pangan kita," tegas Lulu Nur Hamidah dalam rekamannya diterima Jurnas.com, Selasa (26/1).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai, pemangkasan anggaran Kementan tidak konsisten dengan upaya penangan pangan pemerintah selama krisis pandemi virus corona (COVID-19) dan masa-masa yang akan datang.

"Kita tahu betul bahwa produktivitas pertanian kita ditingkatkan itu kan butuh anggaran, tidak ada yang bisa sulapan. Anggaran pertanian yang ada bahkan sebenarnya tidak ideal sekali mengingat kebutuhan pangan 270 juta rakyat Indonesia tidak bisa ditunda," kata Lulu Nur Hamidah.

Lulu Nur Hamidah mengaku heran keputusan Kemenkeu tersebut, terlebih Presiden Joko Widodo awal tahun ini meminta Kementan menggenjot produksi komoditas pertanian yang masih jadi langganan impor selama ini.

"Saya tidak tahu apa sebenarnya yang ada di dalam kepala (pikiran) Menteri Keuangan (Menkeu). Apa iya sih kemudian meminta kepada petani yang sudah dalam kondisi nggak pernah dilindungi pasca panennya mereka harus yang memberikan subsidi kepada negara," ujarnya.

Menurut Lulu Nur Hamidah, seharusnya Kemenkeu melakukan refocusing ke kementerian lain yang tidak terkait langsung dengan pemenuhan pangan atau yang tidak terkait langsung dengan aktor penyedia pangan, seperti petani.

"Nah, saya kira karena Kementan ini bertanggungjawab kepada hulunya, yaitu soal produktivitas pertanian, maka seharusnya dibantu dan dikuatkan bagaimana caranya agar sektor pangan kita ini benar-benar aman," tegas Lulu Nur Hamidah.

KEYWORD :

Politikus PKB Lulu Nur Hamidah Anggaran Kementan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :