Sabtu, 20/04/2024 16:06 WIB

Penangkapan `Burunan Utama` Bos Narkoba di Asia

Tse telah masuk dalam daftar paling dicari global dan merupakan

Patroli polisi Belanda di bandara Schiphol Amsterdam setelah insiden yang mencurigakan terbukti sebagai alarm palsu, Belanda 6 November 2019.

Jurnas.com - Pihak berwenang Belanda telah menangkap Tse Chi Lop, warga negara Kanada berusia 57 tahun, atas permintaan Polisi Federal Australia setelah penyelidikan panjang terhadap perdagangan narkoba di Asia-Pasifik.

Tse telah masuk dalam daftar paling dicari global dan merupakan "minat yang signifikan" bagi lembaga penegak hukum di berbagai negara, kata polisi Belanda dan Australia.

Siapa Tse Chi Lop ?

Tse - dikenal dengan julukannya "Sam Gor", Saudara Nomor Tiga dalam bahasa Kanton - adalah pemimpin senior sindikat perdagangan narkoba transnasional yang dikenal sebagai "Perusahaan" oleh anggotanya atau, bagi beberapa polisi, "sindikat Sam Gor. "

Lahir di provinsi Guangdong selatan China, ia menjadi anggota Geng Lingkaran Besar, sebuah organisasi seperti Triad yang didirikan oleh Pengawal Merah yang kecewa pada akhir Revolusi Kebudayaan, sumber polisi mengatakan kepada Reuters.

Dia pindah ke Hong Kong, lalu Kanada, dan didakwa oleh otoritas Amerika Serikat karena perdagangan heroin pada tahun 1998. Setelah dibebaskan dari penjara Ohio pada tahun 2006, dia menemukan jalan kembali ke Asia, di mana polisi menuduh dia memimpin transformasi wilayah $ 70 miliar perdagangan obat tahunan.

Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) memperkirakan bahwa sindikat narkoba Tse memperoleh sebanyak $ 17 miliar dari perdagangan narkoba pada tahun 2018.

Jeremy Douglas dari UNODC mengatakan Tse berada "di liga" bos narkotika Amerika Latin Joaquin "El Chapo" Guzman dan Pablo Escobar.

Polisi menuduh sindikat kejahatan Tse dibentuk setelah pakta perdamaian antara lima kelompok kriminal Asia - Big Circle Gang (juga disebut Big Circle Boys); triad 14k, Wo Shing Wo dan Sun Yee On dari Hong Kong dan Makau; dan Bamboo Union, yang berbasis di Taiwan.

Kolaborasi ini mengakhiri persaingan berlumuran darah dari beberapa kelompok kriminal dan membuka jalan untuk keuntungan besar.

Selain merintis produksi sabu skala industri di laboratorium super di Myanmar, sindikat Tse membangun basis pelanggannya di antara kelompok kejahatan berbasis negara yang lebih kecil dengan menawarkan untuk mengganti obat apa pun yang disita oleh penegak hukum tanpa biaya tambahan, kata polisi.

KEYWORD :

Tse Chi Lop Narkoba Paling Dicari UNODC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :