Sabtu, 20/04/2024 08:03 WIB

Perjuangan Keras Eksportir Sarang Burung Walet Tembus ke Tiongkok

Perjuangan ekspor SBW ke Tiongkok cukup keras, dan relatif berbeda dengan negara lainnya. 

Sarang burung walet (Foto: radarpekalongan)

Jakarta, Jurnas.com - Perkumpulan Eksportir Komoditas Indonesia Tiongkok (PEKIT) menyambut positif dukungan pemerintah dalam mendorong ekspor sarang burung walet (SWB).

"Kami di asosiasi sangat senang bila sarang burung walet disebut harta karun tersembunyi. Namun sebenarnya kami sudah lama ekspor ke manca negara, dan memang pasar SBW ke Tiongkok yang tertinggi," jelas Ketua PEKIT, Mulyanto, Jakarta, Selasa (19/1).

Mulyanto menambahkan perjuangan ekspor SBW ke Tiongkok cukup keras, dan relatif berbeda dengan negara lainnya. Proses registrasi rumah walet hingga rumah processing secara ketat dikawal Kementerian Pertanian (Kementan).

"Seluruh protokol kesehatan yang diminta negara Tiongkok harus dipenuhi sejak sebelum terbang. Proses karantina nya cukup panjang," kata Mulyanto.

Secara khusus Mulyanto meminta dukungan pemerintah agar mendorong kemudahan ekspor komoditas ini, baik dalam hal perijinan dalam negeri, maupun protokol kesehatannya.

Protokol yang diminta pemerintah Tiongkok cukup memberatkan bagi para calon eksportir baru. Karena itu, dia meminta pemerintah membantu negosiasi antar negara dapat dilakukan untuk mengurangi beban protokol kesehatan.

"Disparitas harga sangat tinggi, terutama SBW kotor dan bersih. Tidak semua harganya 25 juta, tapi nilai tersebut yang paling bagus memang," imbuhnya.

PEKIT sebagai salah satu asosiasi eksportir yang secara rutin telah melakukan ekspor SBW dan akan terus mendorong peningkatan ekspor komoditas dari rumah burung walet ini.

Saat ini beberapa anggota PEKIT yang telah berhasil menembus pasar Tiongkok, antara lain: PT. Ori Ginalnest Indonesia, PT. Tong Heng Investment Indonesia, PT. Anugerah Citra Walet Indonesia, PT. Matra Adhiraya Nusantara, PT. Organic Hans Jaya dan PT. Cempaka Mega Mandiri.

"Pemulihan ekonomi nasional dengan peningkatan ekspor sangat baik. Program Presiden kita dukung sebagai komunitas eksportir nasional," kata Mulyanto.

KEYWORD :

Sarang Burung Walet Ekspor SBW Mulyanto Kementan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :